Usaha yang Cocok untuk Anak Muda di Desa Apa Saja ya?

Usaha yang cocok untuk anak muda di desa udah tahu belum apa aja? Yuk ikuti pembahasan berikut ini. Sebelum kita membahas tentang usaha yang cocok untuk anak muda di desa terlebih dahulu mari kita bahas situasi dan kondisi terkini seperti apa. Tentunya ini berkaitan sekali dengan pandemi covid-19. Pandemi covid-19 sungguh sangat memberikan dampak yang sangat luar biasa sekali. Ini menimbulkan semacam komplikasi permasalahan baru. 

Melansir dari sebuah Buku Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus (Covid-19) Tahun 2020, Coronavirus sudah ada sejak dahulu dan merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai gejala yang berat. Ada setidaknya dua jenis coronavirus yang menyebabkan penyakit yang dapat menimbulkan gejala berat. Dua jenis virus tersebut yaitu Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). 

Situasi yang semakin carut – marut seperti yang sudah kita paparkan di atas membuat bukan hanya kondisi sosial masyarakat saja yang mendapat imbasnya, namun lebih dari itu ada sejumlah perubahan yang saat ini terlihat dengan sangat nyata sekali yaitu munculnya perubahan kultural dan kegiatan belajar mengajar dalam dunia pendidikan. Bukan hanya sampai pada ruang ruang tersebut, pandemi yang berkepanjangan ini juga sangat berpengaruh sekali pada sektor perekomian masyarakat. 

Pandemi pada satu titik memang benar benar menjadikan perekonomian di masyarakat mengalami kemerosotan. Bagi sebagian kalangan yang pada dasarnya sudah berkecukupan tentunya tidak telalu bermasalah dengan pemenuhan kebutuhan pokok seperti kebutuhan pangan, namun bagi mereka yang dalam kondisi sebelum pandemi dalam kondisi ekonomi pas pas-an tentunya pada saat ini begitu sangat merasakan merasakan imbas dari pandemi ini. Berbagai kasus pun sudah sangat sering kita dengar dalam pemberitaan media sehari hari. Inilah yang menjadikan mengapa anak muda harus memiliki usaha baru di tengah pandemi covid-19 ini. 

Bisnis Anak Mudah di Tengah Pandemi

Menjadi wirausaha ditengah pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan memang membutuhkan effort  yang lebih, namun itu bukan menjadi sebuah masalah apabila kita melakukannya dengan tulus dan sepenuh hati. Itu semacam cambuk tantagan bagi orang orang dengan aktivitas lockdown membuat sebuah pemikiran kreatif untuk berpikir terkait usaha yang cocok untuk anak muda di desa selama pandemi Covid-19.

Usaha yang cocok untuk anak muda di desa selama pandemi Covid-19 itu sebenarnya sangat beragam sekali. Berikut beberapa hal terkait dengan apa saja usaha yang cocok untuk anak muda di desa. Khususnya untuk tahun 2021 yang masih nuansa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan ini. Calon pengusaha sukses harap simak sampai akhir yaa

Usaha yang Menguntungkan di desa dengan modal Kecil 

Usaha yang menguntungkan di desa dengan modal yang kecil sebenarnya sangat banyak. Seperti kita ketahui pada realita sehari hari perekonomian di desa sangat bertumpu pada hasil hasil alam. Yang belum terolah menjadi produk apa pun. Desa menjadi semacam tempat “hulu” usaha yaitu sumber barang mentah sebagai bahan yang siap olah. Masyarakat kurang begitu memahami bahwasannya hasil hasil alam dapat kita oleh secara maksimal menjadi sebuah produk pasti produk tersebut meningkat value nya.

Usaha yang dapat anak muda lakukan di desa dan menguntungkan serta dengan modal kecil beberapa di antaranya yaitu bisnis olahaan produk kangkung, bayaam maupun tumbuha – tumbuhan kaya sumber gizi yang diformulasikan dalam bentuk produk seperti ice cream, keripik ataupun makanan ringan kaya serat lainnya. Selain itu, usaha lainnya seperti jasa titip dan pendirian jasa copywriting. 

Inovasi usaha di Desa 

Selain usaha yang membutuhkan dana kecil, usaha yang cocok untuk anak muda di desa yaitu usaha yang inovatif. Artinya produk atau jasa yang kita hasilkan nantinya memiliki keunikan atau ciri khas tersendiri. Salah satu produk yang unik dan sangat inovatif yaitu produk olahan dari hasil tanaman. Tanaman yang dimkasud yaitu tanaman yang ditananm menggunakan metode microgreen.

Microgreen merupakan bibit dari tanaman yang dapat dipanen 7–14 hari pasca tanam ketika daun pertama yang benar mulai muncul. Microgreens sendiri telah banyak gunakan terutama di industri restoran untuk menghiasi masakan berupa salad, sup dan sandwich. Bermacam-macam warna, tekstur visual, aroma, dan rasa memberi daya tarik pada sayuran muda nan lembut (Turner, Luo, & Buchanan, 2020). 

Hal yang menjadikan microgreen ini cocok untuk anak muda lakukan selama pandemi yang menuntut orang orang tetap dirumah saja karena microgreen menurut Riggio, Jones, & Gibson (dalam Turner, Luo, & Buchanan, 2020) sangat cocok untuk kita produksi dalam ruangan. Hal inilah menjadikan budidaya menggunakan Teknik microgreen amat sangat kami sarankan untuk masyarakat kita selama pandemi.

Usaha Jangka Panjang di Desa

Usaha jangka panjang  di desa yang bisa kita lakukan yaitu pendirian kedai maupun store clothes yang dapat dilakukan dengan strategi pemasaran apapun. Apalagi ditengah pandemi seperti ini banyak sekali social media platform yang dapat digunakan sebagai sarana promosi tentunya dengan asumsi low budget. Usaha ini dapat beroperasi dalam jangka panjang apalagi dengan sistem ritel semenarik mungkin.

Peluang Usaha di Desa 2021

Berkaca dari situasi yang ada saat ini yaitu dalam atmosfer pandemi Covid-19 ada beberapa usaha yang masih dapat kita lakukan. Usaha tersebut yaitu usaha yang berbasis digital. Maupun usaha dengan jenis produk maupun jasa yang kita pasarkan menggunakan media digital. Ini menjadi tonggak dari kebangkitan semangat berwirausaha walaupun di tengah pandemi. Pemasaran teralih dari pemasaran konvensional ke digital pemasaran. Usaha usaha yang demikian berpeluang mencapai goals di tahun 2021 ini.

Peluang usaha di desa 2021 ini juga akan muncul oleh inisiasi anak muda. Sebut saja dari golongan millennial maupun gen Z yang sudah menguasai literasi digital dengan mumpuni. Jasa pembuatan konten juga merupakan peluang usaha yang cocok. Apabila di desa terkait jaringan atau sinya internet sudah stabil, pendirian start up dalam bidang wirausaha cukup worth it untuk dicoba. Masyarakat pun juga dapat ikut teredukasi pentingnya literasi digital di era revolusi 4.0 yang mana melakukan pekerjaan sudah dapat dilakukan secara remotable. 

Peluang Usaha Rumahan di Desa 

Peluang usaha rumahan di desa yang dapat kita lakukan sebenarnya sangat banyak. Beberapa diantaranya yang dapat dilakukan yaitu usaha catering makanan maupun jasa penyadiaan snack hajatan, usaha jasa laundry, kedai kopi, warung kelontong, warung sembako, jasa les private atau bimbingan belajar. Selain itu bagi yang tinggal di daerah pariwisata atau dekat dengan kota pelajar usaha kost cocok sekali untuk dilakukan.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp