Tujuan dan Manfaat Briefing bagi Perusahaan

Tujuan dan manfaat briefing – Dalam setiap perusahaan tentu harus ada koordinasi yang jelas. Entah itu koordinasi antara atasan dan karyawannya maupun antar sesama karyawan. Tanpa koordinasi, mustahil bagi sebuah perusahaan untuk tetap eksis berdiri hingga saat ini.

Koordinasi yang jelas dapat terwujud dengan kegiatan yang namanya mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, yaitu briefing. Briefing merupakan salah satu kegiatan positif yang mampu meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan di perusahaan Anda.

Lalu apa itu briefing, kapan waktu yang tepat untuk melaksanakannya, dan apa tujuan dan manfaat briefing bagi perusahaan? Untuk mengetahuinya, mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Briefing?

Secara bahasa,pengertian briefing adalah pengarahan. Dalam kegiatan apapun, briefing tentu sangat diperlukan. Karena briefing merupakan cara komunikasi yang paling efektif dalam menjalankan segala kegiatan.

Dalam dunia kerja, briefing adalah proses penyampaian informasi atau pendistribusian tugas kepada setiap karyawan di perusahaan. Tujuan briefing adalah untuk memperjelas fungsi dan tugas masing-masing karyawan.

Briefing dapat sangat membantu dalam meminimalisir terjadinya miss communication. Dengan briefing, komunikasi antar anggota perusahaan akan menjadi jelas dan terjalin hubungan yang harmonis.

Selain menyampaikan tugas dan informasi, pemimpin briefing juga bisa memberikan beberapa motivasi agar karyawan lebih semangat dalam bekerja.

Kapan waktu terbaik untuk briefing? Sebaiknya briefing dilakukan setiap akan memulai kegiatan bekerja. Bisa setiap pagi hari atau pada pergantian shift, jika perusahaan menggunakan sistem shift.

Briefing tidak akan memakan waktu lama, mungkin hanya sekitar 10-15 menit. Lamanya waktu briefing ini tergantung pada banyaknya informasi yang akan pemimpin sampaikan.

Tujuan dan Manfaat Briefing

Walaupun briefing hanya sebentar, tetapi dapat memberikan dampak positif jika dilakukan secara konsisten. Beberapa manfaat jika perusahaan rutin mengadakan briefing adalah sebagai berikut:

  • Terjalin Komunikasi yang Baik

Banyak yang mengira bahwa berkomunikasi melalui media digital dengan grup chat sudah cukup untuk membangun koordinasi yang baik. Tetapi nyatanya komunikasi digital tetap tidak bisa menggantikan komunikasi secara langsung.

Dalam komunikasi digital, sering terjadi miskomunikasi atau kesalahpahaman. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan persepsi atau penerjemahan pada setiap pesan. Selain itu, terkadang si pengirim pesan belum mampu mempengaruhi penerimanya untuk melaksanakan sesuatu sesuai yang ia inginkan dengan tepat.

Karena alasan itulah, briefing menjadi salah satu solusi bagi perusahaan untuk menjalin komunikasi yang baik antar anggota perusahaan. Dengan briefing, setiap orang bisa berkomunikasi dan menyampaikan informasi secara jelas.

Baca juga: Cara Membangun Komunikasi yang Efektif dalam Perusahaan

  • Sarana Penyampaian Informasi yang Efektif

Dunia bisnis merupakan dunia yang sangat dinamis. Dalam sehari atau beberapa hari saja, bisa ada banyak perubahan yang terjadi. Hal ini tentu akan memungkinkan adanya informasi-informasi baru yang perlu pimpinan atau karyawan sampaikan.

Informasi tersebut dapat berupa progress kerja, pencapaian target, kendala, atau masalah yang perlu pembahasan lebih lanjut.

Perlu Anda ingat bahwa pembahasan dalam briefing hanya pembahasan yang singkat. Jika ada pembahasan yang membutuhkan waktu lebih lama, maka Anda bisa menggandakan sebuah rapat internal.

Tetapi tetap saja, briefing merupakan sarana untuk penyampaian informasi yang paling efektif. Dengan briefing semua anggota perusahaan dapat mengetahui apa yang sedang terjadi di perusahaan tempat mereka bekerja. Entah itu hal yang baik ataupun adanya permasalahan.

  • Mewujudkan Tim yang Kompak

Tujuan dan manfaat briefing yang selanjutnya adalah untuk menjalin kekompakan dalam perusahaan. Walaupun semua karyawan Anda merupakan orang-orang yang hebat dan berpengalaman, tapi tetap saja tidak akan bisa memajukan perusahaan tanpa kekompakan.

Oleh karena itu, penting bagi seorang pemimpin untuk selalu menjaga kekompakan tim. Sehingga tidak akan ada rasa sungkan untuk saling bertanya, meminta bantuan, dan bekerjasama untuk menyelesaikan pekerjaan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengadakan briefing setiap hari. Ketika briefing, semua anggota perusahaan akan berkumpul dan saling bertatap muka. Ketika sudah terbiasa, maka tidak akan ada rasa canggung lagi antar sesama anggota perusahaan.

Jika sudah seperti ini, maka koordinasi dalam perusahaan Anda akan terjalin dengan sangat baik dan kinerja karyawan akan lebih optimal.

  • Menyatukan Visi

Tujuan dan manfaat briefing selanjutnya adalah untuk menyatukan visi setiap anggota perusahaan. Tim yang hebat bukanlah tim yang terdiri dari orang-orang pintar. Tetapi tim yang hebat ialah tim yang semua anggotanya memiliki satu tujuan yang sama.

Memang setiap orang akan memiliki persepsi, motivasi, dan tujuan atau visi yang berbeda-beda. Meskipun mereka berada pada satu lingkungan kerja dan tim yang sama, namun perbedaan itu akan tetap ada.

Untuk itu, briefing merupakan saat yang paling pas untuk menyatukan perbedaan tersebut, terutama perbedaan visi. Sehingga pemimpin dalam briefing diharapkan dapat menampung dan menyatukan perbedaan visi tersebut menjadi visi perusahaan.

Atau dengan kata lain, briefing merupakan waktu untuk memotivasi tim dalam rangka mencapai tujuan utama perusahaan.

Baca juga: Cara Memotivasi Karyawan Agar Selalu Semangat dalam Bekerja

Itulah beberapa tujuan dan manfaat briefing bagi perusahaan. Dengan mengalokasikan waktu sekitar 10-15 menit per hari untuk briefing, maka Anda bisa mendapatkan manfaat-manfaat luar biasa tersebut demi kemajuan perusahaan.

Jadi, kapan perusahaan Anda akan mulai mengadakan briefing? Atau perusahaan Anda sudah terbiasa melakukan briefing? Jika sudah maka konsistenlah, dan untuk yang belum maka inilah saatnya untuk memulai kebiasaan baru, yakni dengan briefing.

Ingatlah bahwa perubahan besar selalu berawal dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang positif.

 

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp