Trik Berbisnis Orang Tionghoa yang Menjadikan Sukses Tujuh Turunan

Trik Berbisnis Orang Tionghoa – Kalangan etnis Tionghoa mungkin adalah minoritas dalam masyarakat kita. Jumlah mereka tidak terlalu banyak. Meskipun begitu mereka mempunyai ciri khas yang sangat unik yang membedakan mereka dengan yang lain. Ciri khas itu adalah gairah bisnis yang ada di dalam kultur orang Cina.

Hampir di setiap kota atau kabupaten pasti kita menemukan kalangan tionghoa pasti mempunyai bisnis mulai dari toko bahan bangunan hingga bisnis pertokoan. Tidak jarang etnis Cina juga mempunyai bisnis yang strategis, seperti hotel, mall, ataupun bidang industri. Kesuksesan mereka tidak datang secara tiba-tiba. Ada sebuah kunci yang harus kita pelajari dari cara bisnis orang Tionghoa.

Tidak ada salahnya mempelajari trik berbisnis orang Tionghoa. Karena kita dapat mengambil pelajaran dan inspirasi dari mana saja. Setiap kesuksesa tentu dapat menjadi pelecut semangat kita untuk lebih baik lagi dalam berwirausaha. Lalu apa saja prinsip bisnis kalangan Cina yang dapat memotivasi kita, berikut di antaranya;

5 Kunci Sukses Orang Cina

  1. Trik Menabung Ala Orang Cina

Salah satu kunci kesuksesan orang tionghoa adalah mereka lebih menyukai uangnya berputar (investasi) daripada menjadi sebuah keuntungan yang besar. Pebisnis Cina bukannya tidak menyukai laba yang besar, namun mereka meyakini bahwa akan mendapat keuntungan yang lebih besar lagi apabila mereka memutar uang untuk menjadi modal kembali.

Tentunya ini dapat memotivasi bisnis kita, karena mindset kita selama ini masih berpikir bahwa keuntungan yang besar adalah bonus yang tidak boleh kita sia-siakan. Padahal dari keuntungan itulah kita dapat mengembangkan bisnis lebih besar lagi daripada yang sudah ada sekarang.

 

  1. Prinsip Orang Cina dalam Berbisnis dibentuk Sejak Kecil

Mereka yang berlatar belakang keluarga Tionghoa pasti sudah mengenal yang namanya bisnis semenjak masih kecil. Sebab orang Cina yakin bahwa keluarga mereka memang sudah turun temurun dilahirkan untuk dagang dan berbisnis. Trik dalam membentuk generasi pengusaha ini wajib kita tiru juga apabila ingin anak kita kelak menjadi penerus bisnis keluarga.

Pelajaran dari orang tua tentang bisnis semenjak kecil ini masuk ke alam bawah sadar generasi muda dari kalangan Cina. Sehingga ketika dewasa mereka akan menajdi penerus bisnis keluarga, maupun membuka bisnis sendiri. Cara ini sudah berada di alam bawah sadar kalangan Tionghoa. Sehingga akan terwariskan secara turun temurun.

 

  1. Cara Berpikir Orang Cina dalam Bisnis adalah Konsumen Dulu, Konsumen Terus

Ini merupakan salah satu kelebihan atau trik orang Cina dalam berbisnis. Mereka sangat teguh dan jujur dalam memberikan pelayanan kepada konsumen, pelanggan, ataupun mitra kerjanya. Kejujuran ini yang menjadikan mereka sukses secara perlahan-lahan karena banyak pihak menaruh rasa percaya kepada bisnis mereka.

Terkadang cara berpikir ini susah kita terapkan dalam berwirausaha. Konsekuensi dari sebuah kejujuran biasanya adalah keuntungan yang tidak seberapa. Namun dari sana kita akan mendapatkan kepercayaan. Dan kepercayaan ini adalah salah satu kunci dalam bisnis jangka panjang.

 

  1. Strategi Dagang China adalah Bisnis Kecil Tidak Masalah Asal Tidak Berhutang

Seperti yang sudah kita bahas di atas, bahwa orang Tionghoa lebih menyukai perputaran uang daripada laba yang besar. Tapi bukan berarti orang Cina suka berhutang untuk menutupi modal. Justru mereka sangat membenci yang namanya hutang. Cara berbisnis dengan berhutang ini akan menyebabkan bisnis mereka seret dan tidak berfokus pada bisnis saja.

Inilah trik yang seharusnya menjadi percontohan bagi kita. Karena saat ini banyak sekali kredit yang diberikan kepada mereka yang mau membuka usaha. Sebagai pebisnis kita harus berhati-hati dalam bermain kredit karena bisa saja itu malah membuat bisnis tidak jalan.

Berapapun modal dalam berbisnis kita harus tetap menjalankannya. Kalaupun belum ada modal yang besar untuk membuka bisnis besar, maka lebih baik membuka bisnis kecil terlebih dahulu.

 

  1. Memiliki perencanaan jangka panjang

Trik berbisnis orang Tionghoa yang menjadi cirri khas mereka adalah prinsip untuk membuat perencanaan jangka panjang. Maka dari itu kita sering melihat bahwa bisnis orang Cina dapat bertahan selama bergenerasi-generasi. Memang susah membuat perencanaan berbisnis jangka panjang tersebut.

Trik dan kunci untuk membuat perencanaan jangka panjang adalah dengan menentukan Goals dan tujuan kita dalam membangun bisnis. Apabila kita mempunyai tujuan yang harus dicapai oleh anak-anak kita atau penerus kita berarti kita juga membuat perencanaan bisnis untuk mereka. Banyak pebisnis hanya mengejar keuntungan sesaat, sehingga mereka tidak membuat rencana apapun ke depannya. Ini harus kita hindari dalam kehidupan berbisnis.

Itulah kunci bisnis dari kalangan Tionghoa yang mungkin dapat menginspirasi kita ke depannya. Semua tips dan trik tadi harus kita coba mulai dari sekarang karena kompetisi dalam berbisnis ke depannya akan sangat berat. Kita harus sadar posisi dan mulai menentukan perencanaan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang.

Perencanaan itu akan membuat langkah kita menjadi lebih mudah dan terarah. Salah satu perencanaan bisnis itu adalah dengan mengikuti Kursus di Sekolah Manajer Digital Marketing Jogja. Di sini banyak materi yang akan diberikan guna mempersiapkan perencanaan dalam berbisnis agar lebih terarah lagi. Sekian, tulisan mengenai trik bisnis kalangan Tionghoa, semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp