Jangan Tunggu Sampai Bubar. Inilah 7 Tips Menjaga Kekompakan Tim

Tips menjaga kekompakan tim – Hasil kinerja yang bagus seringkali tidak hanya berasal dari kemampuanmu diri sendiri. Namun juga karena adanya peran dan kerja sama antar sesama rekan kerja atau dari sang atasan.

Kerja sama tim tentu sangat diperlukan dalam dunia kerja. Hal ini karena tidak ada orang di dalam perusahaan yang dapat bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain.

Perlu kita akui bahwa membangun kekompakan tim kerja bukan perkara yang mudah. Menjaga kekompakan tim memerlukan kesamaan visi dan misi, pemahaman karakter dan kemampuan, serta perasaan saling mengerti satu sama lain.

Anda memerlukan tips membangun kerja sama tim yang efektif? Simak ulasan berikut ini dan mulailah membangun kerja sama tim demi kemajuan perusahaan Anda.

Tips Menjaga Kekompakan Tim agar Kerja Sama dapat Terjalin Baik

Kekompakan tim kerja merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil kinerja karyawan. Perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik dan lancar jika sesama anggota dalam tim kurang komunikasi dan koordinasi.

Lalu bagaimana tips menjaga kekompakan tim dalam sebuah perusahaan?

1. Menanamkan Visi Misi Perusahaan dalam Diri Masing-Masing Karyawan

Untuk mencapai tujuan yang sama dalam perusahaan, memerlukan kesamaan visi dan misi pada diri masing-masing karyawan. Tanpa kesamaan visi dan misi, hasil kinerja tidak akan terarah dan malah akan berantakan.

Oleh karena itu, seorang pemimpin perusahaan atau tim wajib menanamkan visi dan misi perusahaan pada tiap diri karyawan. Tujuannya adalah agar tim lebih kompak untuk mencapai satu tujuan yang sama. Yaitu tujuan yang menjadi target dari perusahaan tempat mereka bekerja.

Baca juga: Pentingnya Mengenal Karakter Karyawan di Perusahaan Anda

2. Mendengarkan dan Menghargai Setiap Pendapat

Tips menjaga kekompakan tim yang selanjutnya adalah dengan menghargai pendapat seluruh anggota tim. Perbedaan pendapat dalam sebuah tim merupakan hal yang sangat biasa. Karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam melihat setiap situasi.

Sebagai pemimpin, Anda perlu menghargai semua pendapat tim. Tampung semua pendapat yang telah karyawan atau anggota tim sampaikan. Kemudian bahas ide tersebut satu persatu bersama-sama. Baru tentukan mana ide yang paling baik menurut seluruh anggota tim.

Namun ada kalanya rasa kecewa dalam diri karyawan yang idenya tidak diterima sebagai keputusan bersama. Namun, apapun hasilnya itu merupakan keputusan seluruh anggota tim.

Dan sebagai pemimpin, Anda tetap wajib mengapresiasi semua ide atau pendapat. Agar tidak timbul rasa iri satu sama lain dan tim bisa selalu kompak.

3. Mengenalkan Job Desc yang Jelas dan Terarah Kepada Setiap Karyawan Baru

Ketika mendapatkan karyawan baru, sebaiknya pemimpin divisi atau tim memberikan perintah atau job desc dengan jelas. Jangan lewatkan juga untuk memberi tahu target yang harus karyawan tersebut capai dalam setiap periode tertentu.

Dengan mengenalkan job desc kepada karyawan baru secara jelas, maka akan memudahkan karyawan untuk beradaptasi. Baik itu beradaptasi dengan tugas, rekan, dan juga lingkungan baru tempat ia bekerja.

Sehingga karyawan baru tersebut akan menjadi anggota tim yang kompak dalam perusahaan Anda.

4. Menjalin Komunikasi yang Efektif

Dalam kehidupan, komunikasi menjadi hal yang wajib orang lakukan. Tanpa komunikasi yang efektif, maka hubungan akan menjadi renggang.

Begitu pula di perusahaan. Jalinlah komunikasi yang efektif dan intens dengan setiap anggota tim. Caranya adalah dengan mengadakan meeting atau pertemuan untuk membahas tugas yang belum atau sudah terselesaikan dan juga mengevaluasi kinerja harian maupun mingguan perusahaan.

Tampung serta catat laporan dari setiap anggota tim. Jika terdapat masalah, libatkanlah seluruh anggota tim untuk memecahkan masalah tersebut.

Dengan melibatkan seluruh anggota tim, maka dapat terjalin tim yang kompak. Mengapa demikian? Karena tidak akan ada yang merasa terabaikan dan mereka akan tahu apa yang sedang terjadi pada timnya. Sehingga mereka akan bersama-sama mencari jalan keluarnya.

5. Mengadakan Kegiatan Bersama

Tips menjaga kekompakan tim yang paling ampuh adalah dengan melakukan kegiatan di luar urusan kerja secara bersama-sama. Entah itu kegiatan yang diadakan di kantor maupun di luar kantor.

Kegiatan apa yang perlu perusahaan adakan? Salah satu kegiatan paling sederhana yang bisa Anda adakan adalah kegiatan makan bersama. Anda bisa mengadakan kegiatan makan bersama di kantor atau di tempat makan luar kantor. Atau mungkin Anda berniat mengadakan acara makan bersama di rumah Anda?

Di manapun tempatnya, kegiatan tersebut dapat membantu Anda untuk menjaga kekompakan dan  membangun kerja sama dalam tim.

6. Membantu Meningkatkan Kompetensi Karyawan

Kekompakan serta kerja sama tim dapat terjadi jika setiap anggota memiliki kompetensi masing-masing. Kompetensi adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja.

Jika kemampuan kerja meningkat, maka kinerja karyawan juga akan meningkat.

Sebagai seorang pemimpin perusahaan, Anda perlu memberi fasilitas kepada setiap karyawan untuk mengembangkan diri. Sehingga akan meningkatkan kompetensi karyawan. Fasilitas yang bisa Anda berikan misalnya adalah mendaftarkan karyawan untuk mengikuti seminar atau pelatihan.

Selain itu, berikan saran terbaik kepada karyawan yang ingin berkembang. Karena dengan karyawan yang semakin berkembang, perusahaan juga bisa semakin maju.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Kerja Sama dalam Tim Sebuah Perusahaan

Demikian beberapa tips menjaga kekompakan tim di perusahaan yang bisa Anda praktekkan, Semoga bermanfaat dan akan memberikan dampak baik bagi perusahaan Anda.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp