Seberapa Penting Financial Planning untuk Anak Muda

Financial planning untuk anak muda – Di zaman kapitalisasi  global ini, penting bagi anak muda untuk mempelajari financial planning. Pada kenyataannya banyak hal yang menjadi tantangan anak muda untuk mencapai tujuan mereka.

Banyak dari anak muda yang memiliki tujuan berkaitan dengan material atau finansial. Untuk itu perlu adanya pemahaman terkait financial planning agar mencapai segala tujuan financial. Di dunia yang seperti sekarang ini anak muda butuh trategi yang matang untuk mencapai segala macam tujuan financial.

Memahami financial planning menjadi hal yang cukup krusial untuk anak muda jaman sekarang. Kami merangkum seberapa penting financial planning untuk anak muda. Diantaranya: 

Untuk Mencapai Target Jangka Menengah dan Jangka Panjang

Anak muda itu punya banyak sekali keinginan. Ingin beli ini itu. Ingin bergaya ini itu yang perlu uang lumayan. Anak muda juga pengen punya rumah sendiri. Tapi dengan segala gaya hidup yang berkembang sekarang, banyak dari mereka yang tidak sadar bahwa mereka tidak memiliki aset sama sekali.

Untuk itu financial planning berperan besar dalam mencapai target yang mereka inginkan, baik jangka menengah maupun jangka panjang. Belajar financial planning membuat mereka sadar dan bisa memetakan bahwa ada strategi yang perlu ditempuh untuk mencapai target berjangka mereka yang cukup besar.

Zaman Telah Berubah

Berkembangnya tren saat ini membuat segala sesuatu sangat mudah untuk didapatkan. Semua jadi lebih mudah hanya dengan satu kali ‘klik’. Ini semua membuat kita impulsif, sehingga pendapatan anak muda sering kali habis untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan.

Kesadaran atas perubahan zaman ini harus ditingkatkan. Karena jika anak muda tidak sadar akan hal ini, target-target besar mereka pada jangka menengah dan jangka panjang akan sangat sulit untuk tercapai.

Baca juga: 5 Strategi Promosi Bisnis yang Efektif

Bisa Menentukan Prioritas

Mempelajari financial planning membuat anak muda paham batasan dan tau mana yang menjadi prioritas mereka. Menentukan target financial membuat anak muda akan lebih fokus mencapai apa yang sudah mereka targetkan.

Mungkin akan banyak sekali tantangan untuk anak muda yang sebelumnya terbiasa berperilaku impulsif. Hal itulah yang perlu mereka kontrol agar apa yang mereka mau di masa yang akan datang akan terwujud.

Untuk Masa Tua yang Lebih Tenang

Salah satu hal yang dipelajari dalam financial planning adalah dana pensiun. Tentu ini menjadi hal yang baru pada kalangan anak muda. Apalagi mereka yang menjadi sandwich generation. Karena generasi sebelumnya financial planning itu tidak ada atau kurang booming pembahasannya. Padahal dana pensiun untuk masa yang seperti masa sekarang dan masa depan itu sangat diperlukan.

Hidup Lebih Mandiri

Menjadi mandiri adalah hal yang sangat penting untuk menjalankan hidup tanpa bergantung pada orang lain. Sayangnya, banyak anak muda yang belum mandiri karena masih menggantungkan kebutuhannya pada orang tua mereka, khususnya dalam hal finansial.

Mengajarkan keuangan sedini mungkin sangatlah baik untuk masa depan anak. Untuk itu membuat financial planning sangat berguna untuk menjadikan Anda menjadi pribadi yang mandiri, serta membantu target-target finansial pada masa depan.

Perencanaan finansial yang matang akan menuntut anak muda untuk bertanggung jawab atas semua langkah dan keputusan yang telah mereka buat

Nah itu dia rangkuman dari seberapa penting financial planning untuk anak muda. Semoga bermanfaat ya!

1 komentar

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp