Proses Rekrutmen Dan Seleksi SDM (Sumber Daya Manusia)

Banyak sekali perusahaan melakukan hal-hal yang sangat luar biasa dalam menjalankan keberlanjutan fungsionalnya. Proses yang berjalan dalam sebuah perusahaan berjalan sangat dinamis dan sesuai konteks perusahaan. Selain itu, hal tersebut juga sangat memperhatikan bagaimana budaya dan iklim perusahaan yang ada dapat terus terjaga. Begitu kompleksnya proses yang terjadi dalam perusahaan itu sendiri. Nah, salah satu proses penting yang ada dalam perusahaan yaitu proses rekrutmen dan seleksi SDM (Sumber Daya Manusia). Ini menjadi sangat penting dan pada satu titik akan sangat bersifat urgensi sekali. Mengingat bahwasanya SDM merupakan salah satu ujung tombak perusahaan untuk dapat terus beroperasi.

Metode Rekrutmen Karyawan

Proses rekrutmen dan seleksi SDM merupakan cara bagi perusahaan untuk mendapatkan SDM perusahaan yang terbaik dan sesuai dengan visi misi yang telah menjadi hal penting bagi perusahaan. Melansir dari jurnal El-Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam no.1 Vol.I. tahun 2008 menyatakan bahwasanya beberapa rekrutmen & seleksi SDM dapat melalui proses yang sangat panjang dan pemberdayaan atas SDM yang dihasilkan nantinya juga cukup banyak . Hal ini  yang mencangkup beberapa hal berikut, yaitu : proses perencanaan induksi, proses rekrutmen yang efektif, tahapan seleksi karyawan yang sangat serius, penilaian, pengembangan, metode rekrutmen karyawan yang digunakan, kompensasi, keamanan, bargaining serta kontinuitas & Informasi. 

Proses rekrutmen dan seleksi SDM inilah yang menjadikan perusahaan harus mengeluarkan banyak sekali pengeluaran. Perusahaan tentunya melakukan proses rekrutmen dengan sangat efektif. Berikut salah satu contoh proses rekrutmen dan seleksi karyawan salah satu perusahaan ternama di Indonesia yang kami lansir dari (Setiani, 2013) yaitu sebagai berikut,

  1. Mengidentifikasi jabatan yang sedang kosong atau memiliki kekurangan kuota terbutuhkan
  2. Mencari informasi jabatan melalui analisis jabatan
  3. Menentukan sumber kandidat yang tepat
  4. Memilih metode-metode rekrutmen yang paling tepat untuk jabatan
  5. Memanggil kandidat-kandidat yang memenuhi persyaratan jabatan
  6. Menyaring / menyeleksi kandidat
  7. Membuat penawaran kerja
  8. Mulai bekerja

Proses rekrutmen sumber daya manusia di atas terlaksana dengan sangat teliti supaya mendapatkan sumber daya manusia yang cepat beradaptasi dengan perusahaan dan memiliki semangat atau etos kerja yang tinggi. Para pelamar atau peserta yang mengikuti seleksi masuk menjadi karyawan harus melakukan beberapa tahapan. Tahapan seleksi karyawan tersebut yang harus kita lalui sebagai para calon karyawan yaitu sebagai berikut, 

Tahapan Seleksi Karyawan

  • Seleksi berkas administrasi 

Tahapan pertama ini merupakan tahapan yang sangat wajib sekali calon karyawan penuhi dalam proses rekrutmen dan seleksi SDM (Sumber Daya Manusia). Tahapan ini biasanya dapat berupa pengumpulan Curriculum Vitae (CV), berkas pendidikan seperti ijazah ataupun berupa sertifikat sertifikat yang relevan dengan posisi yang akan dibidik oleh calon karyawan pada saat awal proses rekrutmen dan seleksi SDM. Inilah merupakan tahapan awal yang akan memberikan first impression HRD dalam menilai calon karyawan untuk lolos atau lanjut dalam tahapan proses rekrutment dan seleksi SDM. Jika calon karyawan ‘deserve’ maka akan lolos ke tahap selanjutnya.

  • Serangkaian tes berbasis tulis dan elektronik

Jika calon karyawan dalam proses rekrutmen dan seleksi SDM tahap pertama kita telah lolos maka akan melalui tahapan yang kedua. Yaitu mengikuti serangakaian tes yang berbasis tulis maupun tes menggunakan media elektronik. Teknisnya setiap peserta atau calon karyawan yang berada dalam tahap ini akan mengerjakan ujian atau  tes craplin, tes pauli dan tes lainnya. Seperti tes yang berbasis elektronik. Langkah ini juga sangat menentukan bagi peserta atau calon karyawan dalam proses rekrutmen dan seleksi SDM untuk dinyatakan lanjut atau tidaknya. 

  • Tes kesehatan dan kebugaran fisik mupun psikotes

Setelah lolos dalam proses rekrutmen dan seleksi SDM tahap 2 dengan serangkaian uji uji yang telah perusahaan lakukan. Maka calon karyawan akan melakukan uji kesehatan dan uji kebugaran fisik. Uji ini untuk mengukur apakah calon karyawan memiliki kondisi tubuh ataupun kebugaran jasmani yang mumpuni. Karena dalam hal melakukan pekerjaan kesehatan juga merupakan elemen penting yang tidak dapat kita lupakan. Oleh karena itu calon karyawan dalam mengikuti proses seleksi SDM harus benar benar sehat secara fisik mau jiwa untuk dapat lolos ke tahapan yang selanjutnya.

  • Tahap Deep Interview

Mendapatkan karyawan yang benar benar krebibel dan kompetitif memang bukanlah hal yang mudah. Banyak sekali mereka yang dari awal terlihat akan lolos sampai pengumuman lolos tahap akhir dalam proses rekrutmen dan seleksi SDM perusaahan ternyata harus tersenggol di tahapan ini yaitu tahapan deep interview . Tahapan ini mencoba mengulik bagaimana calon karyawan dalam proses rekrutmen dan seleksi SDM memiliki motivasi dan apa tujuannya apply lamaran ke perusahan. Human Resource Development (HRD) akan sangat dapat melihat pribadi seseorang dari sesi atau tahapan ini. Calon karyawan dalam proses rekrutmen dan seseksi SDM tahapan ini harus menunjukkan sisi terbaik dan nilai jual mereka terhadap perusahaan. Namun masih tetap tulus, jujur sesuai dengan fakta dan kenyataan. Tanpa adanya ketidaksesuaian antara fakta dan omongan. Hanya perlu di filter mana yang harus dan penting untuk dipertunjukkan pada saat sesi deep interview ini. 

  • Tahap Pengumuman Akhir

Tahapan ini tentunya menjadi tahapan yang paling ditunggu oleh calon karyawan dalam proses rekrutmen dan seleksi SDM setelah melalui tahapan deep interview. Siapapun mereka yang dinyatakan lolos pada tahap ini maka mereka akan bergabung dengan perusahaan dan melakukan kinerja terbaik sesuai jobdesc dari divisi atau department yang sedari awal dipilih ataupun dibidik. Ini berjalan sesuai dengan SOP maupun kontrak kerja yang nantinya karyawan tandatangani. Jika lolos tahap akhir dan di setujui oleh kedua belah pihak.

Serba serbi upaya yang perusahaan lakukan dalam proses rekrutmen SDM berupaya sedemikian rupa. Para calon karyawan pun melakukan tahapan demi tahapan dengan sangat tertib sesuai dengan aturan yang tertera selama proses rekrutmen dan seleksi SDM berjalan. Proses rekrutmen yang efektif tentunya akan membuat proses juga berjalan sebagaimana mestinya. Selain itu, metode rekrutmen karyawan yang tepat akan menghasil karyawan karyawan yang sesuai dengan visi perusahaan itu sendiri

Jika tertarik atau sedang dalam persiapan untuk apply posisi pekerjaan tertentu dalam suatu perusahaan; persiapkan diri sebaik mungkin karena perusahan juga akan mencari yang paling baik dari yang terbaik dalam proses rekrutmen dan seleksi SDM untuk kemajuan perusahaan kedepannya.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp