Seru nih! Permainan Indoor untuk Karyawan saat WFH Maupun WFO

Permainan indoor untuk karyawan – Anda pemilik bisnis? Anda pemimpin divisi? Atau Anda adalah karyawan sebuah perusahaan? Siapapun Anda, terutama karyawan tentu tak jarang mengalami kejenuhan saat harus bekerja rutin setiap hari demi mencari pundi-pundi uang.

Entah itu saat WFH seperti saat pandemi ini ataupun saat bekerja di kantor, rasa jenuh akan tetap muncul.

Jangan sepelekan rasa jenuh. Rasa jenuh dan bosan ternyata dapat berpengaruh pada kinerja karyawan lho. Ketika karyawan jenuh, maka mereka dapat kehilangan konsentrasi saat bekerja dan hasil pekerjaannya tidak akan maksimal.

Lalu bagaimana cara membuat karyawan melupakan rasa jenuhnya? Apakah dengan memberi cuti selama beberapa hari? Tapi bagaimana dengan pekerjaan yang menumpuk? Jika perusahaan berurusan dengan klien, maka klien bisa merasa kecewa, karena pekerjaan menjadi tertunda.

Ada lho cara lain yang bisa menghilangkan rasa jenuh karyawan selain memberi cuti. Yaitu dengan mengadakan permainan indoor untuk karyawan. Permainan indoor bisa menjadi media refreshing yang murah meriah bagi karyawan.

Selain menghilangkan kejenuhan, permainan juga bisa membuat karyawan dalam perusahaan menjadi semakin akrab. Dengan semakin akrabnya karyawan, maka kerja sama juga dapat dengan mudah terjalin dan akan berdampak positif bagi perusahaan Anda.

Nah, berikut rekomendasi permainan indoor untuk karyawan yang bisa dilakukan oleh semua karyawan ketika WFH (work from home) maupun WFO (work from office). Yuk, langsung saja kita simak.

Baca juga: Jangan Tunggu Sampai Bubar. Inilah 7 Tips Menjaga Kekompakan Tim

Permainan Indoor untuk Karyawan

Bekerja di kantor atau WFO tentu lebih seru daripada bekerja di rumah atau WFH. Tapi mau bagaimana lagi? Pandemi yang tak kunjung usai ini menuntut orang untuk berkegiatan dari rumah secara virtual.

Tapi jangan khawatir, baik itu di rumah maupun di kantor, Anda tetap bisa memainkan beberapa permainan berikut ini bersama dengan rekan-rekan kerja Anda.

  • Truth or Dare

Siapa yang tidak tahu dengan permainan yang satu ini? Yap, permainan truth or dare. Truth or dare merupakan permainan yang cukup booming di kalangan anak muda. Tetapi bukan hanya anak muda yang bisa memainkannya. Siapapun bisa memainkan permainan ini, termasuk karyawan di perusahaan Anda.

Untuk bermain, lakukan undian terlebih dahulu untuk menentukan satu orang yang harus memilih antara truth or dare. Undian bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan batu gunting kertas.

Setelah menentukan orang yang akan memilih antara truth or dare, ajukan pertanyaan kepadanya. Misalkan pertanyaan “Kapan terakhir kali kamu berbohong dan apa kebohongan tersebut?” atau pertanyaan sejenis lainnya.

Jika orang tersebut memilih truth, maka dia harus menjawab pertanyaan tersebut dengan sejujur-jujurnya. Jika dia memilih dare, maka dia berarti harus menjalankan tantangan dari si pemberi pertanyaan. Misalnya menyanyikan lagu di mana semua huruf vokalnya diganti dengan huruf “u”, atau tantangan lainnya.

  • Tebak Gambar

Permainan indoor untuk karyawan yang selanjutnya adalah permainan tebak gambar. Untuk memainkannya, sediakan beberapa gambar bersambung yang bisa membentuk suatu kata atau kalimat.

Jika gambar sudah tersedia, maka Anda bisa langsung memulai permainan. Tunjukkan gambar tersebut kepada semua peserta. Minta mereka menebak kata atau kalimat apa yang terbentuk dari gambar tersebut secara rebutan atau bergiliran.

Permainan seru yang satu ini tidak hanya membuat karyawan merasa senang, tetapi mampu mengasah logika mereka dalam berpikir.

  • Tebak Kata atau Kalimat

Permainan tebak kata atau kalimat merupakan permainan yang sangat sederhana. Pemain hanya perlu menyediakan beberapa kata yang harus peserta lain tebak.

Cara bermainnya adalah dengan memberikan petunjuk tentang kata atau kalimat yang harus peserta tebak. Petunjuk bisa Anda berikan melalui gerakan anggota badan dengan memperagakan kata atau kalimat tersebut.

Permainan ini sangat mengasyikkan bagi semua karyawan. Tak jarang akan timbul hal-hal lucu ketika permainan tebak-tebakan sedang berlangsung.

Baca juga: Cara Memotivasi Karyawan agar Selalu Semangat dalam Bekerja

  • Tebak Judul Lagu

Permainan yang satu ini membutuhkan kejelian pendengaran, ketangkasan, dan juga kecepatan dalam menjawab. Sebelum memulai permainan, sediakan beberapa judul lagu.

Cara memainkannya adalah dengan memberi petunjuk yang mengarah pada jawaban judul lagu yang tepat kepada peserta. Bagaimana petunjuknya?

Petunjuk bisa berupa musik intro dari lagu tersebut atau penggalan lirik yang Anda bacakan tanpa nada. Selain itu Anda bisa memperagakan judul lagu seperti pada permainan tebak kata atau mendeskripsikan lagu tersebut.

Itulah beberapa rekomendasi games atau permainan yang bisa karyawan lakukan saat WFH maupun WFO. Permainan mana yang menurut Anda paling seru dan cocok untuk karyawan Anda mainkan?

Permainan indoor untuk karyawan ini bisa Anda adakan setiap dua minggu atau satu bulan sekali pada akhir pekan, yaitu hari sabtu. Lakukan permainan ini untuk menghilangkan kejenuhan karyawan sekaligus menjalin keakraban satu sama lain. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp