Pentingnya Menggunakan Sistem Manajemen Konten (CMS) untuk Bisnismu

Menggunakan sistem manajemen konten (CMS) – Menjalani sebuah bisnis tentu memerlukan konsistensi dan inovasi yang menopang kemajuan bisnis kita. Mengembangkan bisnis menjadi hal yang ingin selalu dilakukan oleh pengusaha. Nah, di zaman digital ini Anda perlu menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang pesat. Salah satunya adalah menggunakan website sebagai salah satu strategi marketing bisnis Anda.

Ketika bisnis sudah memiliki website sendiri, tentu kepercayaan pelanggan atau konsumen terhadap kualitas bisnis kita semakin meningkat. Karena menganggap bahwa website bisnis Anda sudah profesional. Anda berkeinginan membuat website sendiri namun belum memahami bahasa pemrograman atau ingin menyewa jasa programmer? Jika Anda ingin membuat sendiri website sederhana CMS adalah solusinya.

CMS menjadi solusi yang bisa Anda pelajari sendiri untuk mengembangkan bisnis Anda. Karena membuat website akan memudahkan calon konsumen Anda melihat-lihat produk/jasa yang sedang Anda jual.

Apa Itu Sistem Manajemen Konten (CMS)

Content Management System (CMS) adalah aplikasi sistem manajemen konten yang bisa Anda gunakan untuk mempublikasikan dan mengelola konten web bisnis Anda. Anda bisa menganggap CMS sebagai text editor (seperti notepad atau textedit) yang digunakan untuk mempublikasikan artikel secara langsung dalam website.

Menggunakan CMS untuk mengembangkan bisnis adalah salah satu langkah strategis. Karena biaya yang murah bahkan banyak juga yang gratis. Meskipun pada awalnya CMS digunakan sebagai blog, namun lambat laun pemilik-pemilik CMS mengembangkan dan meng upgrade sistemnya sehingga bisa memenuhi kebutuhan Anda.

Bagaimana Cara Menggunakan CMS

Content Management System (CMS) adalah sebuah platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat website tanpa perlu mengerti coding sama sekali. Platform ini sangat user-friendly sehingga Anda bisa mempelajarinya dengan mudah. 

Secara sederhana, CMS ini seperti mengelola media sosial namun dalam bentuk website. Di mana website ada dengan fitur-fitur yang lebih banyak dan variatif. Fitur-fitur tersebut jelas sangat berguna bagi Anda dalam mengembangkan dan menyusun konten untuk bisnis Anda.

Baca juga: Keuntungan Membuat Sistem Produksi yang Efektif dan Efisien

Keuntungan Menggunakan CMS dalam Bisnis

Kendali Penuh

Ketika Anda menggunakan CMS untuk bisnis, Anda memiliki kendali penuh untuk mengelola dan mengembangkan website. Anda memiliki kebebasan penuh dalam mengisi konten apa ataupun strategi apa yang akan Anda publikasi di website untuk menarik calon pembeli atau konsumen.

Mudah Mengupdate Desain dan Konten

CMS merupakan platform yang bisa Anda gunakan secara bebas dan sesuai preferensi bisnis masing-masing. Ketersediaan fitur dan desain yang amat beragam membuat Anda Bebas memilih.

SEO Friendly

SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik yang digunakan agar laman website Anda muncul di halaman nomor satu google. Ketika menggunakan CMS Anda akan mudah untuk melakukan optimasi SEO.

Gratis

CMS memang pada dasarnya gratis. Pada awal membuat website Anda bisa menggunakan CMS terlebih dahulu. Setelah terbiasa dan bisa mengoperasikannya dengan lihai, Anda bisa meng upgrade kapasitas dan fitur website menjadi lebih profesional dengan cara berlangganan domain dan hosting.

Jenis -jenis CMS

Ada banyak platform CMS yang bisa Anda pilih sebagai website Anda. Seperti WordPress.org, Drupal, PrestaShop, Magento, Joomla!, Typo3, Dotclear, ImpressPages, Chamilo, WooCommerce, dll. CMS yang paling banyak digunakan saat ini adalah WordPress.org karena fiturnya yang beragam dan mudah dioperasikan.

Cara Memilih CMS yang Sesuai dengan Bisnis

Jenis atau tipe website seperti apa yang hendak Anda buat? Untuk membuat toko online, pilihan CMS eCommerce, seperti WooCommerce atau Magento. sementara , untuk blog atau bisnis kecil dan sederhana, WordPress bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Anda ingin membuat website berskala medium, pilihlah Drupal.

Desain seperti apa yang Anda inginkan? Cari tahu dulu tema apa saja yang ditawarkan setiap CMS dan bagaimana tampilannya. Supaya Anda bisa memutuskan menggunakan CMS yang mana, yang sesuai dengan keinginan atau strategi bisnis Anda.

Fitur seperti apa yang Anda butuhkan? Cari informasi sebanyak mungkin mengenai plugin atau ekstensi yang dimiliki, misalnya keamanan, caching, marketing, social media sharing, iklan, dan SEO.

1 komentar

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp