Pengertian Investasi Jangka Pendek Dan Jangka Panjang

Sebagai seorang manajer pasti pernah dihadapkan pada yang namanya pilihan. Itulah pentingnya posisi manajer dalam sebuah perusahaan, karena setiap pilihannya menentukan hajat hidup perusahaan dan karyawan yang ada di dalamnya. Terkadang pilihan bagi seorang manajer adalah menentukan apakah jenis investasi  yang akan dia ambil. Seorang manajer harus tahu bahwa ada beberapa jenis investasi di dalam sebuah bisnis. Tulisan ini akan mengulas tentang pengertian investasi jangka pendek dan jangka panjang.

Sebenarnya tidak hanya ada dua jenis investasi itu, melainkan ada juga investasi jangka menengah. Setiap jenis investasi itu ada konsekuensi dan kegunaannya masing-masing. Untuk itu tulisan ini mencoba menjelaskan perbedaan setiap jenis investasi, dalam perbedaan antara investasi jangka pendek dan jangka panjang. Langsung saja bersama-sama kita ulas tentang pengertian investasi jangka pendek dulu.

Pengertian Investasi Jangka Pendek

Semua investasi pasti kembali dengan kepada investornya dalam bentuk benefit maupun hal positif lain untuknya. Di dalam pengertian investasi jangka pendek, maka kembalinya benefit tersebut diperkirakan dalam waktu yang relatif dekat. Apabila melihat penjelasan dari banyak kanal bisnis, maka investasi jangka pendek akan kembali menjadi benefit dalam waktu tiga tahun. Oleh karena itu jika kamu seorang manajer dan ingin investasi jangka pendek, maka  ketahuilah bahwa kamu akan merasakan langsung efek dari invest-mu tersebut setelah tiga tahun ke depan.

Pengertian investasi jangka pendek bagi seorang manajer tentunya sangat penting, mengingat dalam waktu tiga tahun tersebut seorang pebisnis harus sudah menyiapkan apa langkah selanjutnya terhadap benefit yang mereka dapatkan. Selain itu pengertian investasi jangka pendek juga penting karena seorang manajer harus tahu apa konsekuensi apabila invstasinya ternyata gagal atau minim pengembalian. Di bawah ini akan kita bahas mengenai contoh investasi jangka pendek. Agar kita tahu apa perbedaan dan pengertian investasi jangka pendek dan jangka panjang.

  • Contoh Investasi Jangka Pendek

Contoh dari investasi jangka pendek adalah bisa kita lihat pada penyediaan alat-alat kantor sebuah perusahaan. Di sana kita menanam modal dalam bentuk barang, yang nantinya dapat kita rasakan kegunaannya seketika itu juga. Contoh lainnya adalah pada penambahan karyawan baru di bidang  analisis data. Tentunya ini termasuk investasi jangka pendek apabila memang perusahaan kita sedang butuh seorang analis data. Seorang manajer harus tahu kapan ia bisa mengevaluasi investasi jangka pendek apakah berhasil atau tidak.

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Sedangkan investasi jangka panjang invest yang kembaliannya baru dapat kita rasakan setelah sepuluh tahun menanam modal tersebut. Tentunya dampak dari adanya investasi tersebut tak dapat langsung kita rasakan tapi apabila sudah terasa akan sangat besar sekali impact-nya.

Investasi jangka panjang ternyata sangat menentukan terhadap keberlangsungan perusahan. Karena investasi tersebut ibarat sebuah tabungan bagi perusahaan. Adanya investasi membuat perusahaan menjadi tenang menghadapi waktu yang serba tidak menentu ke depannya. Hal ini harus manajer ketahui karena meskipun mereka tidak lagi menjabat tapi mereka punya kewajiban untuk melakukan transfer pengetahuan akan invest tersebut kepada penerusnya.

Pengertian investasi jangka panjang adalah investasi yang baru dapat kita rasakan kebermanfaatannya ketika sudah sepuluh tahun ditanam. Inilah pentingnya pengetahuan seorang manajer akan invest jangka panjang karena akan menentukan sekali dalam pengambilan keputusan mana yang perlu investasi lebih dulu.

  • Contoh Investasi Jangka Panjang

Seorang manajer juga harus paham betul apa saja yang tergolong sebagai investasi jangka panjang. Karena  dirinya juga bertugas untuk melakukan list mana investasi jangka panjang yang perlu dan yang tidak. Contoh dari investasi jangka panjang adalah perluasan gedung perusahaan, perluasan cabang ke kota tetangga, serta pembukaan unit bisnis baru. Semua itu merupakan cadangan bisnis yang baru kita rasakan manfaatnya ketika hal itu sudah stabil dan bisa menghasilkan profit.

Investasi jangka panjang kadang tidak perlu manajer lakukan bila mereka belum mempunyai investasi jangka pendek yang mencukupi. Bagaimanapun investasi jangka panjang adalah akumulasi dari sisa profit yang telah kita gunakan untuk invest jangka pendek. Lalu bagaimana perbedaan antara investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang serta sebaiknya lebih didahulukan yang mana?

Perbedaan Investasi Jangka Pendek Dan Jangka Panjang

Apabila ada pertanyaan sebaiknya lebih dulu dahulukan yang mana, maka kita dapat menyimpulkan bahwa investasi jangka pendek sebaiknya kita dahulukan. Sebab ini berkaitan dengan alokasi finansial kita kelak, apakah ingin mendahulukan kebutuhan atau keinginan untuk perluasan bisnis.

Sederhananya, kita ingin bisnis yang ada stabil dulu atau kita ingin bisnis kita bertambah kuantitasnya? Tentu kita ingin memilih bisnis yang ada stabil dulu barulah menginjak pada unit bisnis lain (investasi jangka panjang. Itulah pengertian investasi jangka pendek dan jangka panjang yang harus manajer ketahui ketika mereka memegang kendali sebuah perusahaan. Dengan begitu manajer menjadi tahu harus ambil investasi yang mana dulu. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp