Mindset Spesifik Digital Marketer ini Wajib Dimiliki Oleh Seorang Manajer

Ada sebuah pertanyaan dasar mengapa kita perlu melakukan marketing ketika sedang berbisnis. Ini adalah pertanyaan yang mungkin jarang ada dalam benak seorang digital marketer, bahkan  oleh seorang manajer sekalipun. Namun kita perlahan-lahan harus mengungkapnya karena ini terkait dengan mindset spesifik digital marketer. 

Sebagai digital marketer pasti kita punya tujuan dan sarana untuk mencapainya. Pengaturan dalam sarana dan tujuan itulah yang positioning dari mindset digital marketing. Tanpa cara pandang ini kita selalu akan dihantui oleh kegagalan demi kegagalan karena kita sendiri tidak pernah menentukan apa yang kita sebut sebagai keberhasilan. Saking pentingnya mindset bagi divisi digital marketer maka dari itu kita berniat untuk mengulasnya. 

Menarik untuk mengulas tentang mindset spesifik digital marketers, karena di sana juga akan tersimpan rahasia mengapa seorang pebisnis rela mengeluarkan kocek yang besar untuk sekedar memperkenalkan (bukan menjual) sebuah produk. Pasti sebagai seorang awam kita akan bertanya-tanya; apakah itu nyucuk, seimbang antara pengeluaran dan pemasukan? Daripada berasumsi kemana-mana lebih baik simak tulisan ini sampai selesai. 

Mindset adalah

Bahasa gampang dari mindset adalah cara, metode, sudut seseorang dalam memandang sesuatu hal. Setiap orang yang berbeda keahlian tentu memiliki mindset yang berbeda, tergantung dari pengalaman mereka ketika menghadapi sesuatu itu. Mindset juga tergantung dari seberapa lama seseorang bergelut dengan sesuatu itu. Jika ia sudah lama mengenal suatu hal tentu akan berbeda mindset dengan mereka yang baru beberapa hari mengenalnya. 

Mindset Entrepreneur

Seperti yang sudah disinggung di atas, setiap keahlian pasti memiliki mindset tidak terkecuali seorang entrepreneur. Pernah kita singgung dalam artikel berikut ini bahwa cara pandang seorang entrepreneur itu adalah berani mengambil resiko, baik itu resiko pribadi maupun finansial. Oleh karena itulah, bagi seorang entrepreneur bisnis adalah nomor satu. Dan bisnis sangat penting untuk dikenal orang lain. Marketing hanyalah satu-satunya cara agar sebuah bisnis dapat dikenal orang banyak. Karena hal itulah kami akan mengulas mindset spesifik digital marketer.

Baca Juga : Peluang Usaha Menjelang Puasa 

Mindset Marketing adalah

Setiap bisnis dalam sebuah perusahaan pasti ada yang namanya divisi marketing atau yang berfungsi sebagai pemasaran. Biasanya divisi ini menjadi sentral keberadaannya dalam sebuah perusahaan sehingga teralokasi modal yang banyak untuk keberlangsungannya. Tentu orang-orang di dalam divisi ini harus menjadi ujung tombak yang tajam karena menjadi tumpuan perusahaan. Oleh karena itu seorang internet marketer harus mengetahui apa itu mindset spesifik divisi digital marketer. 

Seorang internet marketer harus tahu bahwa tugasnya tidak sekedar mengabarkan kepada konsumen bahwa ada produk ini atau jasa itu. Lebih jauh lagi divisi digital marketer harus tahu bahwa tugasnya dalam sebuah perusahaan adalah untuk meledakkan penjualan. Mungkin memang tidak bisa instan, dalam arti kerja mereka tidak langsung mendapatkan hasil.Tapi sekali hasil didapatkan tentu akan besar sekali jumlahnya, oleh karena itu kami menyebut tugas spesifik digital marketer adalah untuk meledakkan penjualan. 

Seorang internet marketer harus tahu apa saja yang menjadi tugasnya, di antara mindset seorang digital marketer antara lain adalah ia berkewajiban untuk;

  • Promosi

Promosi meliputi beberapa kegiatan antara lain; menyapa target pasar. Setiap produk pasti mempunyai yang namanya target pasar. Oleh karena itu tugas seorang internet marketer adalah menyapa dan mengarahkan konsumen untuk membeli produk kita. 

Tugas promosi itu tidak hanya berhenti pada kegiatan memperkenalkan produk, melainkan juga melakukan benchmarking atau riset kompetitor. Bisnis apapun pasti ada pesaingnya, oleh karena itu seorang internet marketer harus tahu bahwa tugasnya adalah memeriksa setiap gerak-gerik lawan dalam memasarkan produknya. 

Selain bertugas untuk benchmarking, mindset spesifik digital marketer harus tahu bagaimana sebuah produk dapat menjangkau pasar. Ini penting karena produk saat ini tidak hanya dilihat dari kualitasnya tapi juga bagaimana sebuah produk dipasarkan. 

  • Edukasi Pasar

Bagi perusahaan yang belum memiliki pesaing, tentu dia tidak bisa berleha-leha dan tidak melakukan apa-apa. Mereka masih butuh untuk mengedukasi pasar, sebab selama ini belum banyak yang tahu bagaimana menggunakan produk tersebut. Kalau tidak ada yang tahu fungsi dan penggunaan produk, maka tugas spesifik internet marketer adalah sebagai pihak yang mengedukasi pasar tersebut. Ini sebuah kewajiban bagi mereka sebab tanpa edukasi, produk tersebut tidak akan pernah laku karena tidak ada yang membutuhkan. 

mindset spesifik yang penting dimiliki oleh seorang digital marketer

Kita di sini akan menyimpulkan mindset spesifik seorang digital marketer. Bahwa mereka harus melakukan antara lain adalah kegiatan promosi produk, menyapa pelanggan, riset kompetitor dan yang terakhir adalah edukasi pasar. Ketiganya harus berjalan secara bertahap dan harus ada evaluasi di setiap pelaksanaannya. Sekian artikel mengenai mindset spesifik internet marketer. Semoga bermanfaat buat kamu para manajer yang ingin meningkatkan omset dan penjualan. 

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp