Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Cara meningkatkan kemampuan literasi digital – Saat ini kita memasuki era peralihan dari konvensional ke digital. Bahkan sebagian besar sistem atau pekerjaan saat ini sudah menggunakan hal-hal digital. Dunia digital ini jelas mempermudah kita dalam beraktivitas.

Jika dilihat dari kemampuan berliterasi, Indonesia masih berasa jauh di bawah. Dari 70 negara, Indonesia menempati urutan ke 62. Ini berarti Indonesia adalah salah satu dari 10 negara terbawah yang tingkat literasinya buruk.

Ini tentu perlu perhatian khusus. Literasi dalam bentuk konvensional masih sangat rendah, apalagi harus mempelajari literasi digital yang lebih kompleks. Untuk itu perlu adanya kesadaran untuk meningkatkan kemampuan literasi digital secara bertahap. Berikut hal-hal yang perlu diketahui

Literasi Digital Adalah

Menurut wikipedia, literasi digital adalah pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum dalam rangka membina komunikasi dan interaksi dalam kehidupan sehari-hari. 

Pengertian yang panjang tersebut menunjukan bahwa literasi digital tidak hanya menilai kemampuan membaca, namun lebih kompleks dari itu. Melatih critical thinking  dan menemukan problem solving, membangun entrepreneurship, kreativitas, semangat kolaborasi. 

Dengan kemampuan literasi digital yang baik, akan membantu proses belajar dan yang jelas hemat biaya. Hal ini yang perlu menjadi perhatian banyak orang, karena nyatanya kebutuhan literasi digital sepenting itu.

Cara Meningkatkan Literasi Digital di Perusahaan

Meningkatkan literasi digital suatu perusahaan memerlukan tahap-tahap yang membuat karyawan mau bergerak lebih ke arah digital. Langkah-langkah tersebut seperti:

Menilai Keterampilan Digital

Ada masanya perusahaan harus mulai menilai tingkat keterampilan digital saat ini. Hal ini bukan untuk menakut-nakuti karyawan atau membuat mereka merasa kurang berharga. Akan tetapi, ini bertujuan untuk mencari tahu cara membuat karyawan lebih selaras dengan dunia digital.

Sebelum menawarkan pelatihan, perusahaan harus mengetahui tingkat kemampuan digital di dalam internal perusahaan, sehingga lebih mudah menentukan dari mana akan memulai pelatihan literasi digital.

Baca juga: Tahapan dalam Menyusun Tim Digital Marketing

Komunikasikan Nilai dan Tujuan Digitalisasi

Kurang tepat jika Anda berasumsi setiap orang memiliki keterampilan digital yang tepat. Meskipun generasi muda seperti milenial dan Gen Z sudah cukup dekat dan tumbuh bersamaan dengan teknologi, bukan berarti mereka paham benar apa itu literasi digital.

Ketika karyawan melakukan kesalahan dalam penggunaan teknologi yang berkaitan dengan perusahaan, itu jelas akan mempengaruhi citra perusahaan dan pandangan masyarakat atas perusahaan. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengkomunikasikan dan mengedukasi mengapa perusahaan digital menguntungkan, mempengaruhi kinerja, meningkatkan pengetahuan, dan meningkatkan produktivitas kerja. Jika telah demikian, perusahaan sukses menjadikan keterampilan digital sebagai budaya dari perusahaan.

Ukur Sesuai dengan Kebutuhan

Perlu adanya pengukuran dasar dari penggunaan keterampilan digital ini, kemudian pantau kemajuan atau kemundurannya. Ini akan membantu tim menyesuaikan, melatih, dan memberikan inisiatif untuk melihat apakah implementasi ini sudah tepat atau tidak dalam proses digitalisasi.

Berikan Pelatihan dan Dukungan

Setelah perusahaan mengevaluasi dan mengkomunikasikan keterampilan digital, maka langkah perusahaan selanjutnya adalah memberikan pelatihan dan dukungan yang tepat. 

Pelatihan membantu karyawan berkembang secara profesional dan mereka akan melihat bahwa perusahaan peduli serta mau mendorong meningkatkan keterampilan mereka. Perpaduan berbagai metode pelatihan akan menghasilkan hasil yang jauh lebih bagus. Misalnya melalui pembelajaran visual, kelas online, mentoring, atau pun menghadirkan pakar dari luar.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp