Meningkatkan Kekompakan Tim dengan Melakukan Bonding

Meningkatkan kekompakan tim – Sebuah tim perlu menjadi kompak untuk meningkatkan kualitas kerja dari masing-masing personal. Ketika sebuah tim kompak dalam banyak hal, itu menandakan bahwa bonding tim tersebut sudah erat.

Bonding atau kelekatan adalah satu ikatan emosional yang terjalin dengan baik. Setiap pemimpin dalam suatu tim atau perusahaan perlu memperhatikan hal ini. 

Tim dapat meraih hasil yang maksimal dalam berbagai target atau project. Juga setiap personal akan merasa bekerja dengan maksimal sehingga memiliki nilai yang lebih untuk dirinya sendiri. Untuk ini meningkatkan kekompakan tim dengan melakukan bonding sangat diperlukan.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kekompakan tim, atau jika Anda bagian dari tim, Anda bisa menyarankan hal ini ke pimpinan Anda.

Pentingnya Kekompakan Sebuah Tim

Mengapa kekompakan sebuah tim itu penting? Ketika menjadi bagian dari sebuah tim, Anda pasti akan menghabiskan banyak waktu dalam tim tersebut. Entah untuk rapat, bertemu klien, melakukan follow up, dan lain sebagainya.

Waktu yang banyak Anda habiskan dalam tim tentu akan terasa sangat berharga ketika memiliki partner yang ‘connected’ atau memiliki ikatan emosional yang baik.

Jika secara emosional antara pemimpin dan yang dipimpin telah baik, pemimpin yang baik juga perlu memperhatikan ikatan emosional antar anggota timnya. Ini sangat bermanfaat bagi kinerja tim dan kinerja setiap personal. Tentu akan menguntungkannya untuk tim maupun personal.

Hal-hal yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kekompakan Tim

Membangun Sikap Kebersamaan

Kunci dari menciptakan tim yang kompak adalah kebersamaan dan saling percaya antar anggota tim. Caranya adalah memulai untuk berbagi kepada partner satu tim dalam hal apapun, baik suka maupun duka.

Hilangkan rasa curiga antar anggota tim dan mulailah untuk mengerjakan sesuatu bersama-sama. Jika Anda pemimpinnya, Anda bisa mengajak tim makan atau keluar bersama sesekali untuk membuat tim lebih dekat dan akrab.

Menjaga Sikap Saling Menghargai

Sikap saling menghargai perlu ditanamkan pada setiap anggota tim sejak rekruitmen tim dilakukan. Khususnya pada hal-hal yang bersifat kepentingan personal dan mendesak, setiap anggota tim baiknya dapat memahami dan menghargai kepentingan tersebut.

Dengan catatan, hal itu tidak mengganggu kinerja tim dalam menyelesaikan suatu project. Selain itu, sikap saling menghargai juga perlu pada hal-hal seperti, mendengar pendapat orang lain, menghargai perbedaan sifat atau cara kerja, dan lain sebagainya.

Rutin Melakukan Evaluasi

Masalah atau konflik bukan menjadi hal yang mustahil dalam suatu tim. Hal tersebut bisa muncul karena berbagai faktor, seperti rasa tidak percaya, saling bersaing, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencari tahu adalah dengan melakukan evaluasi kinerja dari setiap anggota tim. Jangan ragu untuk meminta feedback ke anggota tim lainnya untuk mengukur kinerja Anda. tentu evaluasi ini sangat baik untuk masing-masing personal dan kinerja tim.

Baca juga: Cara Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital

Membuat Kegiatan di Luar Kantor

Agar lebih memahami karakter dan kepribadian antar anggota tim, menjadwalkan kegiatan di luar kantor juga menjadi salah satu cara bonding yang sangat baik.

Kegiatan ini akan memberikan tim gambaran cara berbeda untuk berinteraksi, menciptakan suasana santai dan membangun ikatan emosional yang lebih baik. Tentu akan berdampat pada peningkatan produktivitas kerja.

Luangkan Waktu Bersama untuk Tidak Membahas Pekerjaan

Rasa rindu untuk bertemu dengan sesama rekan kerja dan rasa mudah jenuh cenderung dapat menghampiri saat bekerja dari rumah. Agar melakukan  pekerjaan terasa lebih ringan, maka sesekali buat pertemuan  untuk membahas hal-hal di luar pekerjaan, seperti membahas hobby masing-masing rekan kerja, menceritakan pencapaian lain di luar pekerjaan atau melakukan permainan tim secara online. Hal tersebut dapat mengantisipasi rasa jenuh dan bosan karena kurangnya bersosialisasi secara langsung.

 

Itu dia hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kekompakan tim dengan melakukan bonding. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp