Membangun Personal Branding dalam Dunia Bisnis

Membangun personal branding dalam bisnis – Pernah dengar mengenai personal branding? Secara sederhana, personal branding merupakan citra diri Anda yang muncul di benak orang lain, tanpa menjelaskannya pada mereka.

Personal branding merupakan kombinasi unik dari keterampilan dan pengalaman yang menjadikan seseorang sebagai sosok yang sekarang nampak pada dirinya. Strategi personal branding bisa menjadi pembeda seseorang dengan orang lain yang akan berpengaruh pada apa yang sedang Anda kerjakan. Dalam hal ini adalah bisnis.

Orang yang memiliki personal branding yang baik dan menarik akan lebih mudah mengenalkan bisnisnya. Itulah mengapa banyak pebisnis sekarang yang menggunakan strategi ini untuk membuat usahanya semakin maju. 

Strategi personal branding merupakan bagian dari rencana strategis jangka panjang yang dibangun seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tujuan tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari bisnis, karir, atau untuk kepentingan sosial.

Khusus dalam dunia bisnis, tentu saja strategi personal branding dari pemiliknya belum cukup untuk membuat bisnis menjadi sukses. Pemilik bisnis juga harus menerapkan strategi lainnya seperti, strategi pemasaran, strategi promosi efektif, strategi mengelola keuangan, dan lain sebagainya.

Namun membangun personal branding pemiliknya cukup signifikan memberi dampak, seperti:

Membangun Kepercayaan

Melakukan strategi personal branding sangat membantu usaha Anda dalam mendapat kepercayaan calon konsumen. Ketika orang telah percaya pada pemiliknya, maka mereka akan percaya juga pada apa yang menjadi usaha Anda.

Hal ini sangat menguntungkan karena faktor kepercayaan yang sudah terbentuk akan memudahkan proses bisnis dan pekerjaan. Selain itu, personal branding juga akan membangun kepercayaan diri orang yang melakukannya sehingga lebih percaya diri dalam melakukan pekerjannya.

Membangun Koneksi

Personal branding akan membantu seseorang membangun koneksi dalam berbagai bidang dan spesialisasi yang ia kuasai. Jika seseorang membangun personal branding dengan baik, itu akan membantunya mendapatkan koneksi lebih banyak lagi, karena orang-orang tertarik dengan branding yang telah ia bangun. Ini yang membuat personal branding menjadi penting.

Contoh personal branding yang bisa menambah atau membangun koneksi dalam dunia bisnis adalah seorang pengusaha muda yang berbisnis restoran selalu membangun citra positif terhadap usahanya. Pengusaha tersebut aktif di berbagai organisasi restoran, media sosial, dan sering menjadi pembicara di seminar kuliner. Citra pemilik yang positif itu akan membuat orang dari bidang bisnis lain tertarik untuk mengenalnya lebih dekat, meminta menjadi mentor, bahkan menawarkan kerja sama.

Baca juga: Macam-macam Apliaksi Rekapan Penjualan yang Bisa Anda Manfaatkan

Membentuk Kredibilitas

Membangun personal branding juga bisa membentuk kredibilitas seseorang, terutama pada bidang yang Anda kerjakan. Orang-orang yang melihat atau bekerja sama dengannya akan melihat bahwa citra diri orang itu sangat baik, sehingga mereka akan mempercayainya untuk mengerjakan sesuatu yang merupakan spesialisasi Anda.

Contoh personal branding yang dilakukan oelh seorang advokat, ia aktif melakukan advokasi dan membela orang-orang lemah. Aktif juga dalam lembaga advokasi dan media sosial. Itu menjadi penanda bahwa ia sedang membangun personal branding, yang mana akan membantu membentuk kredibilitasnya di mata masyarakat dan klien.

Memiliki Keaslian (Authenticity)

Orang yang berhasil membangun personal branding akan dilihat bahwa ia memiliki keaslian atau ciri khas (authenticity), di mana hal tersebut hanya ada di dirinya. Khususnya terhadap apa yang ia kuasai atau yang menjadi spesialisasinya. Orang tersebut akan identik dengan bisnis atau pekerjaan yang menjadi pekerjaannya.

Biasanya seseorang diakui otentik atau memiliki ciri khas yaitu dengan adanya pengakuan dari orang lain. Orang-orang akan langsung otomatis mengarah padanya, karena ada ciri  yang hanya ada di diri orang itu sehingga orang-orang mudah mengenalinya.

Nah itu dia pentingnya personal branding pada dunia bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa menerapkannya.

 

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp