Manfaat Payroll Bagi Perusahaan yang Harus Diketahui Oleh Manajer

Selama ini sistem penggajian untuk perusahaan ber skala kecil masih menggunakan sistem manual. Tidak ada salahnya mencoba sistem payroll untuk menggaji karyawan anda mulai dari sekarang. Payroll artinya dalam bahasa Indonesia adalah sistem penggajian karyawan dalam suatu perusahaan. Sistem Payroll terbukti akurat untuk menentukan gaji sesuai dengan kinerja dari karyawan yang bersangkutan. Sistem payroll sangat cocok dipergunakan untuk perusahaan besar yang mempunyai jumlah karyawan sangat banyak. Namun bagi anda yang belum menerapkan sistem payroll karena jumlah karyawan yang masih belum terlalu banyak, kami akan memberi info tentang manfaat payroll bagi perusahaan.

Divisi dalam perusahaan yang akrab dengan sistem payroll adalah bagian HRD. Mereka menentukan jumlah gaji, tunjangan, uang lembur, dan lain-lain untuk karyawan setiap bulannya. Oleh karena itu, di dalam divisi HRD harus ada seorang admin payroll. Tugas admin payroll adalah untuk menginput data apapun terkait tunjangan, gaji, dan lain-lain, agar nantinya memudahkan penghitungan gaji karyawan di saat pembayaran. Meskipun begitu, sistem payroll tetap ada kekurangannya, yakni tidak dapat menentukan tanggal berapa gaji akan keluar. Maka dari itu tugas admin payroll adalah tetap mensetting sehingga tanggal tidak meleset. Nah inilah salah satu manfaat dari payroll, yaknni mencegah terjadinya miskom antara karyawan dan perusahaan terkait gaji. Yuk, simak manfaat payroll bagi perusahaan mu.

Manfaat Payroll adalah karyawan dapat mengetahui detail pendapatan

Perusahaan yang menggunakan payroll tentunya akan menggaji karyawan sesuai kinerjanya selama sebulan. Di sini karyawan akan mendapatkan slip gaji yang terkirimkan melalui email. Nantinya di dalam slip gaji ini berisi, detail gaji, tunjangan, uang lembur, serta bonusan, sehingga karyawan dapat melihat sendiri pendapatannya selama sebulan. Begitu pula ketika karyawan merasa gajinya tidak sesuai dengan kinerjanya mereka dapat menanyakan ulang kepada HRD. Dengan payroll semuanya menjadi lebih transparan.

Manfaat Payroll bagi Perusahaan adalah dapat menghemat waktu penggajian

Setiap perusahaan biasanya mempunyai hari untuk menggaji karyawan. Apabila menggunakan sistem payroll maka waktu sehari sudah cukup untuk membagi gaji kepada setiap karyawan. HRD tidak lagi berepot-repot untuk Tanya sana-sini terkait kinerja dari karyawan yang bersangkutan. Seorang HRD atau admin payroll hanya butuh data absensi karyawan serta jumlah lembur yang dilakukan oleh karyawan. Sistem payroll membuat perusahaan dapat membayarkan kewajibannya kepada karyawan dengan tepat waktu.

Dengan Sistem Payroll, karyawan dapat mengganti shift dengan mudah

Manfaat sistem payroll selanjutnya adalah setiap karyawan dapat mengganti shift nya dengan mudah, menyesuaikan dengan waktunya. Kerapkali seorang karyawan harus repot-repot bilang ke HRD apabila ingin berganti shift karena ada keperluan mendadak. Melalui sistem payroll ini, karyawan hanya mengganti shift melalui online agar dapat ganti di lain hari. Hal ini sangat bermanfaat agar perusahaan tidak ada lagi mendengar karyawan yang tidak masuk karena ada keperluan mendadak. Selain mengganti shift secara online, karyawan tetap harus request izin terlebih dahulu secara online juga. Agar tidak terjadi kesalahpahaman antara HRD dan karyawan.

Sistem Payroll membuat data karyawan lebih aman serta menghemat kertas

Melalui database kehadiran karyawan kita sudah bisa menggaji mereka. Inilah manfaat payroll bagi perusahaan. Kita tidak perlu berepot repot mencetak slip gaji setiap bulannya untuk diberikan kepada karyawan. Selain itu sistem ini juga lebih menghemat kertas karena semuanya kita lakukan melalui online. Kebutuhan perusahaan akan kertas sudah sangat banyak. Kalau ditambah lagi dengan kertas-kertas terkait penggajian tentunya akan sangat menghabiskan kertas dan tidak aman karena itu terkait dengan data karyawan.

Selalu Ada Notifikasi terkait Pengelolaan SDM

Terkadang perusahaan harus mengecek secara berkala setiap ada karyawan yang akan habis masa kontraknya. Kalau kita melakukannya secara manual, tentunya akan menghabiskan waktu. Belum juga perpanjangannya kita urus, si karyawan sudah keburu resign karena takut tidak diperpanjang. Oleh karena itu sistem payroll bermanfaat untuk mengecek secara berkala siapa saja karyawan yang sudah habis masa kontrak. Sehingga dapat kita perpanjang atau tidak.

Dapat Menyederhanakan Divisi HRD

Kalau kita mempunyai ratusan karyawan, tentunya kita juga membutuhkan belasan staf HRD untuk mengurusi setiap aspek mengenai kesejahteraan karyawan tersebut. Dengan sistem payroll ternyata kinerja dan jumlah divisi HRD dapat kita sederhanakan sehingga dapat menghemat sumber daya manusia. Apabila menggunakan sistem payroll kita dapat mempercayakan sistem penggajian hanya pada satu admin saja. Staff HRD yang lain dapat berfokus pada kerja lain, semisal rekrutmen, dan lain-lain.

Itulah sekilas mengenai manfaat payroll bagi perusahaan. Sebenarnya masih ada banyak manfaat lainnya yang cocok untuk bisnis kamu. Juga masih banyak ilmu lain terkait payroll seperti, aplikasi apa yang bagus untuk menerapkan payroll. Serta bagaimana penggunaan aplikasi tersebut untuk penggajian. Untuk itulah simak postingan kami selanjutnya di Sekolah Manajer Digital Marketing.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp