Manfaat Laporan Cash Flow Bagi UMKM

Manfaat laporan cash flow –  Menjalankan sebuah bisnis membutuhkan pencatatan yang jelas dan terperinci. Pengelolaan arus kas dan laporan keuangan terkait arus kas yang baik merupakan kunci dari keberlangsungan bisnis Anda. Laporan kas atau biasa disebut cash flow menjadi salah satu hal paling penting yang menentukan keberhasilan suatu bisnis.

Ada bisnis yang mengalami kegagalan di tahun-tahun pertamanya hanya karena masalah arus kas, mulai dari pengeluaran lebih besar daripada pendapatan hingga pengeluaran sama dengan pendapatan. Masalah arus kas ini tidak bisa dianggap sepele, karena jika dibiarkan terus menerus bisa berakibat pada kegagalan bisnis. Karena itu, penting sekali membuat laporan cash flow.

Untuk pengusaha UMKM, beberapa dari mereka mungkin belum membuat laporan cash flow, karena skala usaha yang masih kecil atau baru saja dirintis. Padahal di tingkat manapun skala bisnis Anda, laporan arus kas atau cash flow menjadi sangat penting, walaupun masih sangat sederhana.

Berikut ini kami rangkum manfaat laporan cash flow untuk UMKM, antara lain:

Manfaat Laporan Cash Flow

Bukan hanya untuk perusahaan, laporan cash flow juga memberikan manfaat bagi banyak pihak, seperti investor, pengelola perusahaan, kreditor, dan pihak lainnya. Bukan hanya perusahaan yang bergerak menghasilkan produk, namun juga perusahaan jasa bisa mendapatkan manfaat ini. Manfaatnya antara lain:

  1. Memberikan informasi tentang kemampuan entitas dari suatu perusahaan untuk menghasilkan arus kas di masa mendatang
  2. Mengetahui kemampuan perusahaan dalam membayar dividen dan melaksanakan kewajibannya, seperti membayar upah karyawan
  3. Mengukur keberhasilan sebuah perusahaan
  4. Memberikan informasi arus kas yang riil, sebagai acuan dalam menyusun strategi keuangan kedepannya
  5. Memudahkan perusahaan untuk melakukan evaluasi, melihat efisiensi kas perusahaan selama satu tahun kebelakang, untuk efisiensi kas di tahun selanjutnya
  6. Menjadi acuan peningkatan investasi suatu perusahaan.

Laporan cash flow merupakan hal yang sangat bermanfaat untuk gambaran kinerja bisnis suatu usaha. Karena menyusun cash flow dengan rutin membudahkan Anda mengambil kebijakan pada masa yang akan datang untuk mengenbangkan bisnis Anda. Jika tidak memiliki kemampuan yang mumpuni untuk membuatnya, Anda bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi.

Baca juga: Panduan Mencatat Transaksi Keuangan Bisnis dengan Mudah bagi UMKM

Alasan Perusahaan Wajib Membuat Laporan Cash Flow

Tidak ada perusahaan yang ingin menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sis. Itu sebabnya tidak mungkin perusahaan ingin membuat laporan cash flow jika memang tidak dibutuhkan. Kemudian apa saja alasan perusahaan wajib membuat laporan cash flow. Kami rangkum sedikit untuk Anda, anata lain:

1. Melihat Posisi Keuangan Jadi Lebih Mudah

Posisi keuangan perusahaan yang terus bergerak akan lebih mudah dimonitor dan dilihat melalui laporan cash flow. Jika terlihat arus kas menunjukkan angka positif, maka perusahaan mendapatkan laba. Sebaliknya, jika laporan cash flow menunjukkan angka negatif, maka perusahaan mengalami defisit.

2. Menjadi Poin Untuk Menilai Perusahaan

Laporan cash flow juga dapat membantu Anda dengan mudah melihat keuangan perusahaan, termasuk investasi perusahaan yang dapat diperlihatkan kepada investor. Sehingga itu bisa Anda jadikan nilai tambah dan memberikan dampak positif bagi perusahaan tersebut.

3. Perencanaan Masa Depan

Laporan cash flow juga bisa menjadi acuan perusahaan untuk merencanakan masa depan bisnisnya. Di mana, dengan laporan ini, Anda dapat mengetahui kondisi keuangan, serta mempermudah dalam melakukan evaluasi bagi kinerja perusahaan.

Di samping itu, juga dapat memperhitungkan strategi keuangan yang lebih matang untuk masa yang akan datang. Dengan laporan ini juga, perusahaan Anda jadi lebih mudah mengetahui kondisi keuangan, sehingga mempermudah Anda melakukan perencanaan dan pembuatan strategi bisnis lebih tepat.

Nah itu adalah manfaat laporan cash flow bagi UMKM. Semoga artikel ini dapat bermanfaat ya!

 

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp