Kesalahan dalam Wawancara

Kesalahan dalam wawancara merupakan kesalahan yang terdengar sangat tidak menyenangkan. Betul sekali sih tidak ada kesalahan sepertinya yang terdengar menyenangkan, namun untuk kasus yang satu ini kelihatannya sangat berbeda sekali. Bayangkan jika Anda sudah mempersiapkan berkas administrasi dengan sedemikian rupa dan anda dinyatakan lolos tahapan selanjutnya untuk semakin dekat dengan pekerjaan atau hal yang Anda telah apply, namun ternyata ketika sesi wawancara Anda malah melakukan kesalahaan. Tentu saja ini akan mempengaruhi penilaian recruiter untuk menerima kamu ke dalam tahap yang lebih serius. 

Kesalahan dalam wawancara pasti akan sangat mungkin terjadi pada siapa saja, baik itu secara tidak sengaja maupun sengaja. Seseorang harus melakukan persiapan yang matang supaya kesalahan dalam wawancara bisa minimal. Persiapan juga sangat membantu seseorang untuk dapat selangkah lebih percaya diri ketika menghadapi pertanyaan demi pertanyaan dari recruiter. Berikut ini serba serbi terkait wawancara atau interview, 

Kendala yang dihadapi saat wawancara

Alur kehidupan manusia tidak selamanya mulus atau baik baik saja. Seseorang memiliki probabilitas untuk menghirup kebahagiaan yang menyenagkan maupun pil pahit kehidupan yang menyesakkan hati. Perjuangan dalam kehidupan ini harus kita lakukan secara kontinyu karena hidup ini juga berjalan dengan sangat dinamis. Salah satu perjuangan seorang anak manusia dalam menjalani kehidupan ini yaitu perjuangan mencari kerja ataupun yang sejenisnnya. Orang orang harus dengan sedemikian rupa berjuang menghadapi kendala saat wawancara kerja.

Berbicara mengenai kendala saat wawancara, tentunya akan ada banyak sekali probabililias yang terjadi. Kendala kendala kendala tersebut biasanya seperti berikut,

    1. Rasa tidak percaya dan kurang yakin dengan kapasistas diri 
    2. Kurang tersenyum dan muka kurang berseri – seri
    3. Gugup dan tidak fokus 
  • Culture Shock 
  • Kurang mendengar dengan jelas pertanyaan yang diberikan oleh recruiter 
  • Over-confident sehingga menjawab dengan sesuka hati padahal itu hal yang kurang tepat 
  • Kurang memahami apa yang menjadi tujuan mereka apply 
  • Kemampuan berbahasa yang kurang baik

Kendala – kendala di atas sebetulnya dapat terminimalisir dengan sedemikan rupa. Seseorang hanya perlu persiapan yang lebih matang agar sekecil apapun kesalahan dalam wawancara dapat terantisipasi. 

Hal yang Perlu dihindari

Selain itu, seseorang harus menghindari beberapa hal. Berikut ini beberapa hal yang perlu kita hindari, 

  1. Tidak berpakaian rapi dan sesuai dengan ketentuan perusahaan
  2. Datang terlambat dan membuat recuiter menunggu lama
  3. Tergesa gesa menjawab pertanyaan
  4. Gugup dan tidak fokus 
  5. Memberikan informasi yang tidak penting dan tidak ada hubungannya dengan apa yang di apply

Penyebab Gagal Interview

Setiap orang berpotensi mengalami kegagalan dalam hidup. Salah satu kegagalan dalam hidup yaitu gagal dalam interview. Penyebab gagalnya interview biasanya karena seseorang melakuka kesalahan dalam wawancara. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyabab kegagalan dalam interview.  Melansir dari sumber pustaka Jobstreet, menyatakan ada beberapa kesalahan dalam wawancara yang menyebabkan seseorang mengalami kegaagalan wawancara.

  1. Tidak dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan apa yang menjadi pertanyaan. Contohnya pertanyaan “Jelaskan tujuan Anda 7 – 10 tahun lagi?”, banyak yang mengalami kegagalan menjawab pertanyaan ini karena banyak dari mereka tidak mampu memberikan jawaban secara spesifik dan car acara mencapai tujuan tersebut.
  2. Terlalu maju, gugup dan tidak cocok satu sama lain. Ini yang menjadi beberapa penyebab kegagalan yang sering terjadi oleh calon karyawan atau pencari kerja. Perusahaan biasanya mencari pekerja yang dapat menjadikan pekerjaannya sebagai tantangan dan seseorang yang berorientasi pada target. Banyak juga ynag menjawab pertanyaan dengan sangat gugup sehingga tampak kaku dan terihat kurang professional menjawab pertanyaan recruiter. Ketidakcocokan antara perangai, karakter maupun sikap yang dimaknai oleh recruiter juga menjadi hal yang menyebabkan kegiatan wawancara gagal.
  3. Kurang mempersiapkan apa yang menjadi poin penting dalam wawancara. Ini sangat fatal, jika seseorang seseorang kurang persiapan sudah tentu komunikasi yang tejadi antara pewawancara dan yang calon karyawan berjalan kaku dan mencekam.
  4. Tidak melakukan survey kepada perusahaan tujuan. Banyak yang tidak mempelajari perusahaan yang akan kita sasar sehingga ketika interview tidak dapat menjelaskan perusahaan secara komprehensif.
  5. Tidak memiliki pertanyaan ynag mendukung pada saat sesi akhir awancara. Pertanyaan ini seharusnya diajukan oleh calon pencari kerja kepada recuiter. Pertanyaan menarik yang kamu berikan kepada perusahaan akan sangat dapat mengundang persepsi baik recruiter terhadap Anda. Itulah pertanyaan yang mengindikasikan bahwa Anda sangat tertarik dengan perusahaan dan ingin memperdalam lebih lanjut terkait perusahaan tersebut.

Hal yang Harus Dilakukan saat Interview

Melansir dari (Setyorini, 2020) menyatakan bahwasannya ada beberapa tips atau hal yang harus kita laksanakan saat interview. Berikut ini tipsnya, 

  1. Perkenalkan diri Anda dan apa saja skill serta kemampuan Anda. Inia da langkah untuk mempromosikan Anda, usahakan dapat kita kemas semenarik mungkin agar meningkatkan ketertarikan recruiter kepada Anda.
  2. Menjawab pertanyaan dengan secara langsung, tidak berpikir terlalu lama. Meski demikian, berikan jawaban terbaik Anda.
  3. Percaya diri dan tidak memberikan jawaban yang berbelit – belit karena itu akan mempengaruhi penilaian recruiter).
  4. Berikan jawabana yang menunjukkan bahwasannya Anda merupakan sosok yang mampu bekerja dalam tim. 
  5. Tidak membokar kebrobrokan perusahaan, tempat di mana sebelumnya Anda bekerja. Tetap berikan citra postif perusahaan
  6. Jawablah dengan jawaban yang realistis, jangan terkesan melebihkan sesuatu yang pada kenyataannya tidak seperti itu.

Baca Juga : Cara Mencari Pemasukan Tambahan

Hal yang Dilarang saat Interview

Interview merupakan salah satu sesi penentu bagi recruiter  untuk menentukan calon karyawan lolos tahap selanjutnya atau tidak. Oleh karena itu setiap yang akan melakukan wawancara harus mampu mempersiapkan yang terbaik dan tidak melakukan hal hal yang dilarang saat interview. Berikut ini hal yang tidak boleh saat interview menurut (warsito, 2020) ada beberapa hal yaitu, 

  1. Terlambat dating dan tidak berkonfirmasi terlebih dahulu sebelumnya kepada recruiter atau pihak pewawancara.
  2. Melebih –lebihkan ketika menjawab pertanyaan “Perkenalkan kamu dan skill apa yang Anda miliki?” sehingga terkesan sangat over. 
  3. Bersikap cuek dan seenaknya sendiri tanpa adanya sopan santun sedikitun.
  4. Bertanya mengenai informasi yang terlalu umum sehingga Anda terkesan memang kurang take care dengan keadaan.
  5. Memberikan pertanyaan yang sifatnya sangat privasi kepada pewawancara karena secara tidak langsung hal tersebut dapat menyinggung hati pewawancara.

Itulah beberapa hal terkait dengan kesalahan dalam wawancara. Apapun yang terjadi jika Anda akan melakukan wawancara usahakan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar proses wawancara dapat berjalan lancar.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp