Baru Buka Olshop? Inilah Cara Membuat Pembukuan Olshop Mudah

Cara membuat pembukuan olshop – Salah satu jenis bisnis yang berpotensi besar untuk menghasilkan keuntungan di saat pandemi ini adalah bisnis online. Dan ternyata banyak orang yang tertarik dan sudah memulai bisnis ini.

Mengapa banyak orang yang tertarik dengan bisnis online? Sebenarnya ada banyak alasan. Tetapi alasan utamanya adalah bisnis online adalah bisnis yang tidak membutuhkan modal  besar, bisa juga sama sekali tidak membutuhkan modal, serta bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja.

Sampai saat ini, bisnis online mampu mencetak sederet pengusaha sukses berbasis online. Bahkan ada juga yang mampu mendirikan perusahaan sendiri dari hasil keuntungan bisnis tersebut.

Sebagai pebisnis pemula, tentu banyak yang harus Anda pelajari. Salah satunya adalah bagaimana cara membuat pembukuan olshop.

Dalam artikel ini, nanti akan kita bahas cara membuat pembukuan olshop yang simple dan Anda pasti bisa membuatnya juga. Tapi sebelum masuk ke pembahasan utama, tidak ada salahnya jika kita membahas kesalahan yang sering pebisnis online pemula lakukan.

Kesalahan Pebisnis Online Pemula

Ketika memutuskan untuk memulai bisnis, Anda harus siap menghadapi berbagai tantangan. Mulai dari perjuangan untuk menarik calon konsumen, memikirkan strategi untuk menghadapi persaingan, dan tantangan terbesarnya adalah bagaimana mengatasi rasa ingin menyerah yang tak jarang muncul.

Selain itu, pebisnis online terkadang secara tidak sadar telah melakukan kesalahan yang bisa menjadi penyebab kerugian atau bangkrutnya bisnis tersebut. Agar bisnis Anda tetap eksis, Anda perlu mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut.

Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis online.

  • Tidak Mengelola Media Sosial

Jika Anda tidak memanfaatkan sosial media sebagai media promosi Anda, maka Anda sangatlah rugi. Mengapa? Saat ini sosial media sudah menjadi kebutuhan semua orang dan dari sosial media inilah kamu dapat menjaring banyak calon konsumen.

Terlebih lagi Anda bisa memanfaatkan media sosial secara gratis alias tanpa biaya. Agar promosi lebih optimal, manfaatkan media sosial terutama instagram dan facebook. Buatlah konten yang menarik dan berkualitas yang berhubungan dengan bisnis atau produk Anda.

Selain menjadi media promosi, sosial media bisa menjadi media untuk menunjukkan kepada calon konsumen bahwa bisnis online Anda adalah bisnis yang terpercaya dan kompeten.

  • Slow Respon

Slow respon adalah kesalahan yang cukup merugikan bagi Anda. Jika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan konsumen dengan cepat, maka kemungkinan konsumen akan berpindah ke toko online lain.

Lalu bagaimana mengantisipasi hal ini? Anda tidak harus aktif selama 24 jam. Karena di marketplace dan whatsapp business sudah terdapat fitur balas otomatis. Yaitu fitur yang bisa Anda atur untuk mengirim balasan otomatis bagi konsumen yang mengirim pesan kepada Anda di luar jam kerja.

  • Kurang Memahami Teknik Marketing

Dalam sebuah bisnis, marketing atau pemasaran adalah hal yang akan menentukan kesuksesan. Jika suatu produk tidak dipasarkan, maka dari mana pebisnis akan mendapat keuntungan?

Oleh karena itu, sebagai pebisnis Anda perlu memahami dan mempraktekkan teknik marketing yang tepat. Teknik marketing harus Anda sesuaikan dengan target pasar Anda. Tujuannya agar pemasaran menjadi lebih efisien dan efektif karena langsung tertuju pada target.

  • Tidak Menerapkan Pembukuan

Tidak menerapkan pembukuan adalah kesalahan yang sangat fatal. Banyak pengusaha yang masih mencampur keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Hal ini bisa menyebabkan kerancuan pada keuangan.

Untuk menghindari kerancuan, pisahkan uang pribadi dan uang bisnis. Selain itu, agar perhitungan lebih rinci, jangan lewatkan untuk membuat pembukuan bisnis.

Baca juga: Trik Mengatur Bisnis Online Biar Modal Jalan Terus

Adakah kesalahan yang masih Anda lakukan? Jika ada, segera lakukan perubahan ya. Nah, sekarang kita akan membahas cara membuat pembukuan olshop.

Cara Simple Membuat Pembukuan Olshop yang Rapi

Untuk cara membuat pembukuan olshop, Anda bisa menggunakan buku, microsoft excel, aplikasi pembukuan, atau software komputerisasi akuntansi.

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas pembukuan yang bisa Anda terapkan di buku dan juga microsoft excel.

Berikut adalah hal yang wajib Anda cantumkan dalam pembukuan:

  • Catatan Pengeluaran

Untuk mengetahui transaksi pengeluaran  yang Anda lakukan untuk menunjang bisnis, buatlah catatan pengeluaran.

Apa saja kolom yang Anda butuhkan dalam membuat catatan pengeluaran? Untuk mencatat pengeluaran dalam cara membuat pembukuan olshop yang sederhana, buatlah kolom pokok seperti tanggal transaksi, jenis transaksi, dan jumlah bayar.

Jangan lupa untuk mengumpulkan nota terkait pengeluaran. Jika suatu saat ada kerancuan, Anda bisa mengeceknya dengan melihat nota.

  • Catatan Pemasukan

Selain mencatat pengeluaran, membuat catatan pemasukan juga sangat penting. Catatan pemasukan berguna untuk mengetahui berapa pemasukan yang Anda dapatkan. Agar lebih detail, catatlah pemasukan setiap hari.

Untuk membuat catatan pemasukan, Anda membutuhkan kolom yang sama dengan catatan pengeluaran. Bedanya hanya pada cara pengisian jenis transaksi. Pada jenis transaksi, isilah dengan transaksi yang menyebabkan masuknya uang pada bisnis Anda.

  • Catatan Pesanan

Sebagai pengelola olshop, Anda juga perlu membuat catatan pesanan. Tujuannya agar pesanan yang masuk lebih terpantau dan juga membantu Anda untuk membuat catatan pemasukan.

Pada tabel catatan pesanan, buatlah kolom tanggal pesanan, nomor pesanan, nama, alamat, serta nomor telepon pemesan, barang yang dipesan, jumlah barang, nominal harga, ekspedisi,nomor resi, dan kolom keterangan.

Kolom keterangan bisa Anda isi dengan lunas pembayaran serta tanggal pembayaran.

Untuk pembahasan lebih lengkap, baca juga Pusing Rekap Orderan? Ini Cara Membuat Rekap Orderan Simple

  • Catatan Stok Barang

Bagi Anda yang sudah memiliki produk sendiri, jangan lupa untuk membuat catatan stok barang. Catatan stok akan memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah barang yang masuk, keluar, serta yang tersisa tanpa harus menghitung barang secara berulang-ulang.

Pada tabel catatan stok barang, buat kolom nama barang, tanggal barang masuk, jumlah barang masuk, tanggal barang keluar, jumlah barang keluar dan juga sisa.

  • Catatan Laba Rugi

Catatan laba rugi dapat memberikan Anda informasi apakah berapa keuntungan yang Anda peroleh atau kerugian yang Anda alami setiap bulannya.

Cara membuat catatan laba rugi adalah dengan mengurangkan total pemasukan dengan total pengeluaran perbulan. Membuat catatan laba rugi akan membantu Anda untuk mengambil keputusan untuk kelangsungan bisnis.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat pembukuan olshop yang cukup sederhana. Walaupun sederhana, catatan Anda akan lebih detail dan Anda bisa memahaminya dengan mudah. Terima kasih telah membaca sampai akhir dan semoga bermanfaat.

Ikuti kami untuk mendapatkan tips dan informasi seputar bisnis lainnya.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp