Contoh Service Excellence di Perusahaan

Contoh service excellence di perusahaan – Sebuah perusahaan, bisnis perlu mengupayakan loyalitas pelanggannya. Loyalitas pelanggan terhadap suatu bisnis  akan membawa kesuksesan yang besar terhadap perusahan dan bisnis yang kamu jalankan. 

Untuk itu, setiap perusahaan atau bisnis perlu menjalankan service excellence untuk membangun dan meningkatkan  loyalitas pelanggannya. Apa itu service excellence dan apa saja contoh service excellence di perusahaan? 

Seperti yang sudah disebutkan di awal tadi, kesuksesan sebuah perusahaan atau bisnis tergantung dari setiap testimony dan tingkat kepuasan dari para pelanggannya. Pelanggan yang merasa puasa saat berbelanja di suatu toko atau supermarket, akan menjadi pelanggan tetap dan mereka akan merekomendasikan toko tersebut ke pelanggan lainnya.

Dengan pelayanan yang memuaskan yang didapatkan oleh pelanggan dari toko kamu, semakin sukses toko kamu karena semakin pelanggan puas akan ada banyak pelanggan yang berbelanja di toko kamu

Apa Itu Service Excellence?

Service excellence merupakan sebuah bentuk keharusan atau tuntutan dalam industri jasa maupun dagang ketika menghadapi konsumen/pelanggan. Dalam berbisnis, persaingan sangat ketat. Oleh karena itu, penjual harus memberikan service excellence kepada para pelanggannya, karena  jika tidak memberikan pelayanan yang baik, pelanggannnya akan beralih kepada penjual yang lain.

Apa Manfaat dari Service Excellence

Mengapa dan kenapa perusahan atau bisnis harus menerapkan service excellence? Selain meningkatkan loyalitas pelanggan/konsumen masih banyak lagi manfaat lainnya. Apa saja manfaat yang perusahaan kamu akan dapatkan dari menerapkan service excellence? Simak berikut manfaatnya:

  • Membangun Reputasi Bisnis

Pelayanan yang excellence dan optimal dari bisnis kamu terhadap pelanggan akan menumbuhkan rasa puas dan kepercayaan terhadap bisnis kamu. Jikalau perusahaan kamu mampu memberikan pelayanan yang excellence sekaligus dengan produk yang berkualitas seperti yang ditayangkan di iklan, pelanggan akan menaruh kepercayaan mereka terhadap bisnis kamu.

Dari kepercayaan yang kamu sudah dapatkan, dari situ akan timbul reputasi perusahaan yang baik dan akan tersebar luas reputasi itu di masyarakat.

Sebaliknya, hal yang sama juga akan terjadi. Jikalau pelanggan kamu tidak puas dan mendapatkan pelayanan dan pengalaman negatif terhadap bisnis kamu, maka testimoni yang akan mereka berikan kepada pelanggan lain juga negatif.  Dari situ reputasi bisnis kamu akan terlihat buruk di mata masyarakat.

Jadi, pelanggan adalah kunci kesuksesan bisnis kamu, kama dari itu service excellence ini sangat berguna untuk kamu terapkan dalam bisnis kamu.

  • Mengungguli Kompetisi 

Setiap perusahaan dan bisnis yang sudah terkenal akan sangat mudah untuk mendapatkan pelanggannya dari perusahaan lainnya yang mungkin  belum terpercaya atau terkenal. Pelanggan lebih mudah diyakinkan untuk berbelanja di tempat yang kualitas pelayanannya terjamin.

Jadi, perusahaan harus menerapkan service excellence untuk membantu perusahaan lebih unggul dari kompetitor lainnya.

  • Hemat Biaya Promosi

Setiap pelanggan yang puas dengan pelayanan yang diberikan perusahaan akan merekomendasikan hal tersebut kepada teman-teman bahkan keluarga mereka untuk berbelanja di tempat yang sama.

 Dengan begitu, pelayanan dan reputasi dari bisnis kamu akan tersebar words of mouth dari mulut ke mulut. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mempromosikan bisnis kamu karena tersebar luas dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Promosi Bisnis Online yang Efektif

  • Mendorong Pelanggan Membeli Produk

Manfaat selanjutnya adalah, dari service excellence yang diterapkan akan mendorong pelanggan untuk membeli produk. Saat berbelanja, pelanggan butuh pertimbangan untuk membeli produk yang mau dibeli.

Di saat demikian kamu bisa memberikan perhatian melalui pelayanan yang baik dan hal tersebut dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk saat itu juga. Sambil pelanggan berbelanja, kamu bisa menawarkan produk-produk lainnya yang berkaitan.

  • Menghindari Tuntutan di Masa Mendatang

Sebuah perusahaan yang bertanggung jawab akan dengan senang menerima kritik dari setiap pelanggan mereka dan memberikan solusi terbaik bagi pelanggannya untuk mengembalikan kenyamanan terhadap pelanggannya.

Keputusan dan sikap yang kamu ambil akan menolong kamu untuk menghindari masalah dengan pelanggan kamu di kemudian hari dari tuntutan hokum yang mungkin akan mencemarkan nama perusahaan kamu.

Sangat susah untuk mengembalikan citra perusahaan yang rusak, oleh sebab itu hindari potensi masalah demikian dari sekarang dengan memberikan service excellence kepada pelanggan kamu;

Contoh Tindakan Service Excellence 

Nah, kamu sudah tahu apa itu service excellence dan manfaatnya. Selanjutnya kamu akan belajar mengenai contoh service excellence di perusahaan.

Untuk menerapkan service excellence bukan hal mudah. Hal ini butuh kerja keras dan proses dari satu tahap ke tahap lainnya.

Berikut adalah hal yang dapat kamu pratekan untuk menjalankan service excellence terhadap pelanggan kamu.

  • Kenali Kebutuhan Pelanggan

Contoh service excellent di perusahaan yang pertama adalah, kenali kebutuhan pelanggan kamu dengan baik. Setiap pelanggan mempunyai kebutuhan dan kesukaan yang tentu berbeda-beda dengan pelanggan lainnya. Begitupun dengan hal yang mereka tidak suka. Oleh karena itu, setiap pelanggan harus dilayani dengan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mereka masing-masing.

Setiap pelanggan sangat berbeda-beda. Ada pelanggan yang cerewet dan pengertian, ada juga pelanggan yang tidak suka gerak-geriknya diawasi dan ada juga pelanggan yang suka diperhatikan ketika berbelanja. Oleh sebab itu, kamu harus kenapa karakter mereka dengan baik sebelum melayani mereka. 

  • Bersikap Ramah

Kalau pelanggan baru memasuki area bisnis kamu dan sikap yang kamu berikan tidak welcome terhadap pelanggan otomatis pelanggan tidak akan berbelanja di tempat kamu.

Sebaliknya sikap ramah yang kamu berikan saat pelanggan menghampiri tempat kamu, akan membuat mereka nyaman. Melayanilah pelanggan dengan tersenyum, mengucapkan salam.

  • Mendengar Keluhan Pelanggan

Kadang ada pelanggan yang mengeluhkan kualitas produk yang mereka terima atau  jasa. Jika kamu menghadapi situasi seperti ini, dengarkan setiap keluhan pelanggan terlebih dahulu. Setelah mendengar keluhan mereka, upayakan solusi terbaik yang dapat kamu berikan kepada pelanggan tersebut, agar masalah bisa terselesaikan dengan baik.

  • Fokus terhadap Layanan

Kamu harus upayakan untuk focus pada pelayanan yang diberikan. Misalnya, kalau kamu sedang melayani pelanggan A, dan tiba-tiba pelanggan B muncul. Nah, sebelum kamu beralih ke pelanggan B, selesaikan terlebih dahulu dengan pelanggan A dan lanjutkan dengan pelanggan B. Dengan demikian pelayanan kamu akan terlihat sangat profesional dalam melayani pelanggan kamu.

  • Hormati Keputusan Pelanggan

Keputusan untuk membeli atau tidak ada di tangan pelanggan. Jikalau pelanggan memutuskan untuk membatalkan untuk membeli produk kamu harus hormati keputusan mereka dan tidak boleh marah ataupun menunjukan wajah kecewa di hadapan pelangganmu.

Baca juga: Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah Biar Bisa Bertahan di Tengah Pendemi

Nah, itulah pembahasan terkait contoh service excellence di perusahaan dan contoh tindakan yang dapat kamu terapkan dalam service excellence kamu dalam melayani pelanggan.

 

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp