Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Bekerja

Cara menjaga tubuh tetap fit saat bekerja – Menjadi karyawan atau pekerja kantoran membuat Anda harus cermat dan cerdas memperhatikan tubuh tetap fit saat bekerja. Pasalnya tubuh menjadi komponen utama bagian Anda pekerja kantoran.

Duduk 8 jam dalam sehari pasti akan membuat Anda lelah. Namun itu adalah konsekuensi yang harus Anda terima sebagai pekerja kantoran. Tentu Anda perlu menyiasati diri agar kondisi tubuh Anda tetap fit ketika bekerja.

Walaupun lelah bekerja, pergi pagi dan pulang malam. Anda harus memperhatikan kesehatan baik fisik maupun psikis. Cobalah untuk selalu menyeimbangkan pola hidup. Karena tentu Anda tidak ingin dibilang hidup hanya untuk bekerja bukan?

Berikut ini kami rangkum cara menjaga tubuh tetap fit saat bekerja:

Hubungan Kebugaran Tubuh dengan Kejernihan Berpikir

Pernahkah Anda berpikir bahwa tubuh dan pikiran ada korelasinya? Atau Anda cenderung memperhatikan salah satunya saja? Manusia tentu terdiri dari banyak elemen yang saling berhubungan. Baik itu secara fisik yang terlihat atau jiwa yang menempati fisik.

Kesatuan itu yang membuat tubuh dan jiwa sangatlah lekat. Tentu Anda perlu memperhatikan keduanya dengan baik, agar semuanya berjalan secara seimbang. Jangan jadikan kesibukan di kantor membuat Anda mengabaikan kebugaran tubuh.

Ketika tubuh bugar dan fit tentu itu akan mempermudah Anda untuk berpikir dengan lebih jernih dan lancar. Mungkin Anda sering merasa tertekan dan banyak pikiran karena masalah di kantor maupun urusan pribadi. 

Cobalah untuk mulai memperhatikan tubuh Anda. Mulailah berolahraga secara rutin, karena itu akan membantu Anda menjernihkan pikiran. Tentu hal tersebut akan berdampak baik ketika Anda kembali menjalani rutinitas.

Baca juga: Meningkatkan Kekompakan Tim dengan Melakukan Bonding

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Bekerja

Setelah Anda memahami bahwa kebugaran tubuh sangat berhubungan dengan kejernihan pikiran, tentu Anda perlu melakukan langkah strategis dalam mengatur tubuh tetap fit saat bekerja. Agar ini dapat direalisasikan tidak hanya masuk kuping kiri keluar kuping kanan.

Perhatikan hal-hal berikut yang dapat Anda terapkan agar tubuh tetap fit ketika bekerja:

Melakukan Peregangan Setiap 20 Menit Sekali

Beraktifitas di kantor memaksa Anda untuk duduk seharian. Duduk 8 jam sehari dan hanya menatap layar laptop tentu tidak baik untuk kesehatan Anda. Apalagi ketika Anda fokus mengejar deadline dan target, tentu akan membuat Anda menatap laptop berjam-jam bahkan lupa waktu.

Melakukan peregangan atau stretching. Lakukan ini dalam 20 menit sekali, akan membuat otot-otot Anda lebih rileks. Gunakan beberapa gerakan stretching, gerakan bagian-bagian tubuh yang Anda rasa pegal atau tegang.

Jika perlu anda bisa menggunakan internet untuk mencari beberapa gerakan stretching. Tentu ini akan lebih bagus karena Anda mendapatkan arahan langsung dari pelatih kebugaran. Jelas gerakan yang diajarkan akan bertahap dan tidak asal-asalan.

Minum Air Putih yang Banyak

Kandungan air dalam tubuh manusia adalah 60-70% dari berat tubuh. Fakta itu menunjukan bahwa sebagai manusia kita perlu banyak minum air putih. Tentu itu bertujuan agar tubuh tidak dehidrasi.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi memiliki dampak yang akan mengganggu metabolisme Anda, seperti mulut kering dan lidah sedikit bengkak, kulit menjadi tidak elastis, sembelit atau susah buang air besar, pusing, jantung terasa berdebar-debar, dan lain sebagainya.

Dampak itu tentu akan mengganggu kinerja Anda di kantor, tentu akan membuat Anda sangat tidak nyaman. Oleh sebab itu, Anda perlu banyak minum air putih. Standar air putih yang dibutuhkan tubuh dalam sehari adalah 2,5 liter atau setara dengan delapan gelas air.

Menjaga Kebersihan Meja Kerja

Kebersihan adalah keindahan. Anda perlu memperhatikan kebersihan meja kerja di kantor. Tentu ini menjadi faktor yang membuat nyaman tidaknya Anda dalam bekerja. Ketika meja kerja bersih dan rapi tentu itu akan membuat Anda nyaman dalam bekerja.

Anda mungkin jadi lebih produktif ketika meja kerja Anda bersih dan nyaman. Lagi pula siapa yang tidak senang ketidak dihadapkan dengan kenyamanan. Oleh karena itu, penting untuk Anda membuat kenyamanan meja kerja agar bekerja menjadi lebih bersemangat.

Tidur Cukup dan Berkualitas

Mungkin masih banyak orang yang mengabaikan tidur cukup dan berkualitas. Tidur cukup aja belum cukup, harus dibarengi dengan tidur yang berkualitas. Waktu tidur malam normal adalah 6-8 jam. 

Mungkin sudah banyak orang yang memperhatikan waktu tidurnya, namun apakah itu sudah termasuk dari tidur yang berkualitas? Tidurlah dengan teratur dan terpola. Tidur berkualitas membantu Anda membuat tubuh yang lebih bugar, menghindari diri dari obesitas, juga membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang seimbang.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di Desa

Pola Makan dan Olahraga Teratur

Bagian yang juga penting ketika ingin menjaga tubuh tetap fit saat bekerja adalah mengatur pola makan dan olahraga rutin. Dua hal ini harus berjalan beriringan, sama halnya ketika kita membahas tentang tubuh dan pikiran.

Di zaman yang serba mudah ini tentu Anda tidak kesulitan untuk mencari makanan. Anda bisa dengan mudah membeli makanan online. Namun apakah makanan-makanan yang Anda konsumsi itu sehat? Dan dengan pola yang teratur? 

Hmm kemungkinan besar jawabannya tidak. Mengingat makanan-makanan yang dijual secara online kebanyakan tidak sehat. Mungkin ada yang menjual makanan sehat secara online, tapi jumlahnya terbatas.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan siasat dan merencanakan pola makan yang baik. Seperti mengganti camilan Anda dengan buah-buahan. Merencanakan membawa bekal sendiri, entah itu salad atau membuat smoothies untuk dibawa ke kantor. Intinya Anda harus kreatif untuk menjaga asupan makan agar seimbang.

Selanjutnya mengenai olahraga. Ini yang sering luput dan sering kali malas untuk dikerjakan. Pasalnya kondisi tubuh sudah terlalu lelah ketika selesai dari kantor.

Untuk itu Anda harus pintar-pintar mencari celah untuk berolahraga. Jika Anda suka bangun pagi, sempatkanlah 30-60 menit untuk berolahraga di pagi hari. Jika tidak, Anda bisa berolahraga sepulang kantor di sore hari.

Jangan terbawa rasa malas atau sudah lelah di kantor. Usahakan melakukan ini secara rutin. Karena ketika Anda sudah mencapai titik rutin olahraga, bukan hanya tubuh Anda yang menjadi bugar, Anda juga pasti bahagia dan tidur nyenyak. Karena telah mengeluarkan keringat dengan berolahraga secara rutin.

 

Nah, itu tadi cara menjaga tubuh tetap fit saat bekerja. Semoga bermanfaat dan segera direalisasikan ya!

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp