8 Cara Menghadapi Persaingan Bisnis Online yang Patut Anda Coba

Cara menghadapi persaingan bisnis online – Persaingan adalah hal yang sangat wajar terjadi pada sebuah bisnis. Termasuk bisnis online. Akhir-akhir ini bisnis online semakin menjadi primadona. Entah itu sebagai pekerjaan utama atau sampingan.

Dengan semakin banyaknya pelaku bisnis online, tentu sejalan dengan ketatnya persaingan. Oleh karena itu, banyak pelaku bisnis online yang tidak bisa bertahan dalam persaingan tersebut. Hingga akhirnya mereka lebih memilih menyerah dan dengan terpaksa menutup bisnis onlinenya.

Namun, tak sedikit dari pelaku bisnis online yang tokonya semakin berkembang dari hari ke hari. Mereka mampu bertahan dalam persaingan bisnis yang sengit ini. Sehingga mereka tetap bisa mendapat keuntungan dari bisnis online-nya ini.

Di balik kesuksesan sebuah usaha online, tentu para pelaku usaha tersebut terus melakukan berbagai upaya. Agar bisnisnya bisa terus bersaing dengan bisnis-bisnis besar lainnya.

Setiap pelaku bisnis mungkin memiliki cara menghadapi persaingan bisnis online sendiri-sendiri. Apapun caranya asalkan itu tidak menyalahi aturan dan tidak curang, maka sah-sah saja.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang 8 cara menghadapi persaingan bisnis online. Anda bisa menerapkan cara-cara berikut ini pada bisnis Anda agar bisnis Anda tetap bertahan.

  • Ciptakan Keunikan pada Produk Anda

Cara menghadapi persaingan bisnis online yang pertama adalah dengan membuat produk Anda berbeda dengan produk bisnis lain. Anda dapat menciptakan hal yang unik pada produk Anda.

Mengapa?

Karena konsumen akan tertarik dengan hal-hal yang unik. Sebagai contoh Anda menjual keripik singkong. Maka cobalah untuk membuat hal unik. Misalnya dengan membuat keripik singkong rasa coklat, membaut kemasan dengan bentuk yang unik, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Harga Coret untuk Menarik Perhatian Pembeli

  • Lakukan Inovasi Tanpa Menurunkan Kualitas Produk

Inovasi sangat mempengaruhi suksesnya sebuah bisnis. Karena jika produk Anda begitu-begitu saja, maka pelanggan akan merasa bosan. Dan jika sudah bosan, mereka akan mencari produk di tempat lain.

Inovasi ini harus Anda lakukan tanpa menurunkan kualitas dari produk tersebut. Malah sebaiknya Anda selalu meningkatkan kualitas jika memungkinkan.

  • Buat Produk Unggulan

Apa itu produk unggulan? Produk unggulan adalah poduk yang tidak dimiliki oleh bisnis lain. Jadi jika Anda ingin menarik konsumen, maka buatlah produk yang bisnis lain tidak punya. Dan hanya ada pada bisnis Anda.

Untuk membuat produk unggulan, Anda harus melakukan riset kompetitor. Nah, dari sini nanti Anda akan tau produk apa yang kompetitor tidak punya. Sehingga Anda bisa menyiapkan untuk memproduksi produk unggulan tersebut.

  • Utamakan Kepuasan Pelanggan

Pada kegiatan jual beli, ada istilah bahwa pembeli adalah raja. Jadi sebagai penjual, Anda harus mengutamakan kepuasan dari pembeli atau konsumen.

Walaupun bisnis Anda adalah bisnis online, Anda tetap harus bisa memberikan kenyamanan bagi konsumen. Caranya bagaimana? Caranya adalah dengan selalu siap untuk menjawab pertanyaan konsumen atau istilahnya adalah fast response.

Selain fast response, jika ada yang memesan produk Anda, maka segera siapkan dan kirim pesanan mereka. Jangan sampai mereka menunggu terlalu lama. Selain itu, pengemasan juga harus Anda perhatikan. Jangan sampai produk rusak ketika di perjalanan.

  • Berikan Bonus Untuk Konsumen

Siapa sih yang tidak suka ketika mendapat bonus? Nah, Anda bisa menerapkan hal ini pada bisnis online. Ketika ada yang memesan produk, Anda bisa menyelipkan bonus pada saat mengemas.

Bonus tidak perlu mahal. Cukup barang-barang seperti masker atau sticker. Hal ini akan membuat konsumen merasa senang dan mungkin akan berbelanja lagi di toko Anda.

  • Cobalah untuk Bekerjasama dengan Orang Lain

Cara menghadapi persaingan bisnis online yang satu ini berkaitan dengan orang lain. Anda bisa meminta orang berpengaruh untuk mempromosikan toko Anda. Orang yang berpengaruh itu seperti apa?

Orang yang berpengaruh di sini adalah orang yang banyak pengikutnya atau orang yang sedang viral. Ketika orang tersebut mempromosikan atau menggunakan produk Anda, maka audiens akan tertarik untuk membeli produk itu juga.

  • Manfaatkan Internet Sebagai Media Promosi

Saat ini hampir semua orang menggunakan internet, entah itu untuk berkomunikasi dengan yang jaraknya jauh, bekerja, atau sekedar mencari informasi. Dan tentunya internet akan sangat efektif untuk Anda promosi.

Anda bisa membuat website dan akun media sosial khusus untuk bisnis Anda. Jika sudah punya akun, jangan lupa untuk rajin posting ya. Tujuannya adalah untuk menarik audiens untuk menjadi pengikut.

Selain dengan membuat akun, Anda juga bisa beriklan secara online. Anda bisa memasang Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, dan sebagainya. Namun untuk beriklan, tentu tidak gratis ya.

  • Terapkan Teknik SEO dan Copywriting

Jika Anda tidak memiliki uang yang cukup untuk beriklan, Anda bisa menggunakan teknik SEO. Dengan teknik SEO yang baik, maka website atau produk Anda akan mudah muncul di halam pencarian.

Selain SEO, teknik copywriting juga tidak kalah penting untuk Anda terapkan. Teknik copywriting ini adalah teknik untuk merangkai kata yang mampu membuat audiens membeli produk Anda.

Anda bisa menerapkan teknik copywriting saat membuat deskripsi produk, postingan di media sosial, atau landing page website Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Promosi Bisnis Online yang Efektif?

Nah, itulah 8 cara menghadapi persaingan bisnis online yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan bisnis Anda dapat semakin berkembang. Terima kasih sudah membaca sampai akhir and see you.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp