Site icon Sekolah Manager Digital Marketing terbaik pertama di Jogja – Jakarta – Bandung – Surabaya – Bali – Bogor – Solo -Cirebon Indonesia

CARA MENGAPRESIASI KINERJA KARYAWAN

Cara Mengapresiasi Kinerja Karyawan

Cara Mengapresiasi Kinerja Karyawan

Cara Mengapresiasi Kinerja Karyawan. Bagi karyawan, apresiasi adalah bentuk kepedulian dan rasa menghargai perusahaan.

Karyawan adalah aset paling berharga dari perusahaan. Memberikan selamat dan mengetahui kontribusi yang sudah dilakukan oleh karyawan terhadap perusahaan adalah bentuk penghargaan terbaik. Hal sekecil apapun dan dalam lingkup kerja kecil apapun, tunjukan apresiasi Anda kepada rekan kerja atau bawahan. Caranya, bisa dengan mengucapkan terima kasih secara personal. Anda juga bisa memberikan ucapan terima kasih saat melakukan meeting atau melalui email jaringan.

Bagi karyawan, apresiasi juga bisa meningkatkan kebahagian juga kepuasaan kerja. Buntut dari melakukan pekerjaan tentunya adalah kepuasan. Salah satu cara mewujudkan kepuasan pada saat selesai melakukan pekerjaan adalah dengan mendapat apresiasi dari orang-orang atau rekan kerja sekitar. Karyawan akan merasa betah bekerja di perusahaan yang berbuah pada minimnya angka turnover. Keuntungan bagi perusahaan dan karyawan bukan?

Memberikan apresiasi bisa jadi jalan membangun budaya kerja yang positif. Percaya atau tidak, memberikan apresiasi yang baik atas kerja keras karyawan bisa jadi salah satu jalan untuk membangun budaya kerja yang positif di perusahaan. Mengapresiasi bisa jadi salah satu cara Anda dan perusahaan menciptakan suasana kerja yang berlandaskan kemanusiaan kebahagiaan dan kepercayaan. Terlebih, dewasa ini budaya kerja adalah salah satu cara baik dan efektif dalam menarik minat karyawan baru potensial. 

Apresiasi atau reward seperti apa sih yang menunjukkan kebanggaanmu atas kinerja SDM ini sekaligus bisa memacu semangat mereka untuk terus berprestasi, dan bagaimana cara mengapresiasi kinerja karyawan?

 

Sebuah ucapan “terima kasih” mungkin terdengar sepele, namun dapat berarti banyak bagi seorang pegawai yang telah menyumbangkan waktu dan tenaga dalam pekerjaan. Lebih baik lagi, mengungkapkan sebuah surat tertulis, atau bahkan sebuah email yang menjelaskan bagaimana hasil kerja pegawai tersebut telah mempengaruhi kinerja seluruh tim dan membantu mereka pada hasil akhir yang memuaskan. Bentuk apresiasi ini dapat menciptakan dampak yang lebih berkesan pada pegawai moral tersebut. 

Momen makan-makan bersama teman satu tim bisa menjadi jurus ampuh yang membuat anggota tim semakin betah bekerja. Selain dapat mencairkan suasana jenuh, acara makan-makan juga bisa menambah keakraban antara individu satu dengan yang lainnya. Hal ini bisa berdampak pada produktivitas kerja yang lebih meningkat ke depannya. Tidak perlu mentraktir yang mahal-mahal, makanan kaki lima yang murah meriah juga bisa menjadi hal yang sangat berdampak positif kok!

Memberikan cuti khusus (unrecorded time-off) merupakan cara yang baik untuk memberikan apresiasi atas kerja keras seorang pegawai selama durasi kerja yang sulit. Pegawai tersebut mungkin telah meluangkan waktu ekstra, mengorbankan pertemuan sosial atau acara-acara kebersamaan, hadir untuk bekerja bahkan dalam keadaan kurang sehat, tetap bekerja pada akhir pekan hanya untuk mengejar tenggat waktu dadakan atau membantu pekerjaan pegawai lainnya. Berikan cuti bagi pegawai tersebut untuk istirahat dan khusus diri dari segala tekanan fisik dan mental.

Sudah jelas bahwa gaji yang baik saja tidak terlalu berpengaruh dalam memotivasi para pegawai. Sebuah bonus yang tidak diharapkan dapat mendorong dorongan yang baik. Namun, sebaiknya menghargai ini dilakukan seminim mungkin dan diberikan hanya untuk situasi-situasi tertentu.

Kamu bisa memberi karyawan kamu dengan tantangan baru posisi baru yang menantang. Dengan begitu kamu juga bisa melihat sebesar apa ia pengin untuk berkembang dan menunjukan kemampuan sebenarnya kepada pihak perusahaan. Tapi sayangnya, upaya seperti ini gak selalu berhasil karena setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang suka dengan hal baru atau ada juga yang lebih memilih di tempat yang sama karena takut keluar dari comfort zone.

 

Memberikan apresiasi bagi karyawan yang memiliki loyalitas tinggi merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Agar para karyawan bisa tetap meningkatkan kinerja dan loyalitasnya untuk bersama-sama mengembangkan perusahaan. Dengan memberikan penghargaan bagi karyawan yang loyal dan berprestasi, akan memotivasi karyawan lain untuk mengikuti jejaknya. Demikianlah beberapa cara mengapresiasi karyawan yang bisa kamu lakukan. Melalui cara tersebut, karyawan tetap merasa senang walaupun penghargaannya tidak dalam bentuk kenaikan gaji atau tambahan upah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat terutama bagi pemilik perusahaan yang sedang mencari tahu bagaimana cara yang tepat untuk menyenangkan hati karyawan.

 

 

Exit mobile version