Cara Menganalisis Pesaing Bisnis Dengan Tepat dan Akurat

Cara menganalisis pesaing bisnis – Dalam dunia bisnis, terjadinya persaingan adalah hal yang sangat wajar. Tanpa adanya persaingan, para pelaku usaha tidak akan merasa tertantang. Sehingga mereka hanya akan sekedar menjalankan bisnis, tanpa harus mengatur strategi.

Tapi, tidak adanya pesaing adalah suatu hal yang mustahil terjadi. Sehingga setiap bisnis pasti memiliki pesaing. Entah itu bisnis kecil atau bisnis besar, semuanya tak luput dari yang namanya persaingan.

Pesaing atau kompetitor sendiri merupakan pengusaha lain yang menawarkan produk atau jasa yang sama atau mirip dengan yang ada pada bisnis Anda. Nah, jika Anda tidak tidak mampu mengatur strategi yang tepat untuk mengalahkan pesaing, bisa jadi pelanggan Anda akan beralih ke bisnis milik pesaing tersebut.

Dengan kaburnya pelanggan, maka tidak ada pemasukan. Tidak ada pemasukan, tentu akan membuat bisnis Anda gulung tikar alias bangkrut secara perlahan. Tentu Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Apalagi Anda sudah membangun bisnis tersebut sejak bertahun-tahun lalu. Maka Anda pasti tidak akan rela jika binsis Anda bangkrut begitu saja hanya karena kalah saing.

Nah, agar Anda mampu menentukan strategi yang tepat untuk menghadapi pesaing, maka Anda perlu mengetahui dengan jelas segala hal yang berkaitan dengan pesaing tersebut.

Bagaimana cara megetahui hal tersebut? Salah satu caranya adalah dengan melakukan analisa. Berikut adalah beberapa cara menganalisis pesaing bisnis yang bisa Anda praktekkan. Yuk langsung saja kita bahas.

Kenali Pesaing Anda

Jika Anda akan melakukan sebuah pertandingan, tentu Anda harus tau siapa yang akan Anda lawan. Sehingga Anda bisa mencari informasi tentang calon lawan tersebut dan mengatur strategi yang tepat agar bisa menang.

Begitu pula dalam sebuah bisnis. Anda perlu mengetahui siapa pesaing Anda. Setelah Anda mengetahuinya, maka Anda perlu mencari tau seperti apa produk atau jasa yang pesaing tawarkan sekaligus harganya.

Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu mengetahui di mana lokasi pesaing memasarkan produknya.

Hal ini akan membantu Anda mengetahui apa yang membuat konsumen lebih memilih produk atau jasa pesaing tersebut. Apakah karena kualitasnya, pelayanannya, harganya, atau karena lokasinya yang strategis.

Jika Anda sudah mengetahuinya, maka Anda bisa membandingkannya dengan bisnis yang tengah Anda jalankan. Dari sini Anda akan tau apa yang harus Anda perbaiki untuk menarik konsumen.

Baca juga: 8 Cara Menghadapi Pesaingan Bisnis Online yang Patut Anda Coba

Tentukan Apakah Termasuk Direct atau Indirect Kompetitor

Berdasarkan produk atau jasa yang pesiang tawarkan, ada dua jenis kompetitor. Yaitu direct kompetitor dan indirect kompetitor. Apa perbedaan dari keduanya?

  • Direct kompetitor

Direct kompetitor atau pesaing dekat adalah pesaing yang menawarkan poduk atau jasa yang persis atau sejenis dengan yang Anda tawarkan. Oleh karena itu, menghadapi pesaing dekat tentu akan lebih sulit.

  • Indirect kompetitor

Jenis kompetitor yang kedua adalah indirect kompetitor atau pesaing jauh. Pesaing jenis ini adalah pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang mirip dengan yang Anda tawarkan.

Tujuan menentukan jenis pesaing adalah agar Anda bisa mengatur skala prioritas. Anda tentu perlu mengatur strategi untuk melawan direct kompetitor terlebih dahulu. Mengapa?

Karena pesaing yang menawarkan produk serupa berpotensi lebih besar untuk menghancurkan bisnis Anda. Jika Anda sudah mampu mengalahkan direct kompetitor, langkah selanjutnya adalah memikirkan cara untuk menghadapi indirect kompetitor.

Pelajari Strategi Pesaing

Cara menganalisis pesaing bisnis yang tidak boleh Anda lewatkan lainnya adalah menganalisis strategi pesaing. Untuk mengalahkan pesaing, setiap pelaku bisnis pasti memiliki yang namanya strategi. 

Mengetahui strategi pesaing memang cukup sulit. Tapi jika Anda memperhatikan gerak-gerik pesaing, maka secara perlahan Anda akan mengetahui bagaimana strateginya.

Memperhatikan gerak-gerik pesaing, bukan berarti Anda hanya fokus mengamati. Anda juga harus melakukan tindakan. Anda perlu mengatur strategi yang tepat untuk mengalahkan pesaing tersebut.

Seperti apapun strateginya, asalkan tidak curang dan tidak menyalahi aturan maka sah-sah saja untuk Anda terapkan.

Ketahui Kelemahan dan Kelebihan Bisnis

Cara menganalisis pesaing bisnis yang selanjutnya adalah dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan bisnis.

Mulai dari kelemahan dan kelebihan produk atau jasa, layanan, strategi, sistem manajemen, dan sebagainya. Bukan hanya mengetahui kelemahan dan kelebihan pesaing, namun ada Anda juga perlu memahami kelemahan dan kelebihan dari bisnis Anda sendiri.

Tujuannya apa? Tujuannya adalah agar Anda bisa tau apa yang kurang dari bisnis Anda. Untuk menyempurnakan kekurangan ini, Anda bisa melirik kelebihan dari bisnis pesaing yang tidak ada pada bisnis Anda.

Sedangkan untuk kelemahan dari pesaing, Anda bisa menjadikannya sebagai acuan untuk mengatur strategi. Misalnya adalah dengan mengadakan hal yang tidak ada pada bisnis pesaing di bisnis Anda. Anda bisa mengubahnya sebagai kelebihan pada bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah Biar Bisa Bertahan di Tengah Pandemi

Nah, itulah beberapa cara menganalisis pesaing bisnis yang mungkin bisa Anda lakukan. Setelah Anda melakukan analisis, Anda perlu mengatur strategi untuk mengalahkan para pesaing tersebut. Tentukan strategi dengan bijak dan penuh pertimbangan.

Ingat selalu bahwa para pesaing juga sedang mengatur strategi untuk mengalahkan Anda. Tapi jangan khawatir, yang penting adalah tetap semangat dan pantang menyerah serta yakin bahwa Anda akan menjadi pemenangnya.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp