Cara Mencari Pemasukan Tambahan Selama Pandemi

Cara mencari pemasukan tambahan – Sudah sebelas bulan kita hidup dalam tekanan pandemi. Selama itu pula kita banyak mendengar tentang kisah kehancuran bisnis, kisah tentang bertahannya sebuah bisnis, dan kisah berdirinya sebuah bisnis. Semua mempunyai porsinya masing-masing tergantung dari kesiapan para bisnis owner dalam mengatasi pandemi.

Kisah mengenai bangkrutnya bisnis yang sampai merumahkan karyawan tentu adalah kisah kelabu sepanjang tahun 2020 ini. Banyak sekali karyawan yang harus dirumahkan karena perusahaannya gulung tikar. Kalau kita percaya kepada keajaiban mungkin hanya keajaiban yang membuat kita hari ini tetap sehat dan dapat bekerja.

Namun selalu ada saja perbedaan kondisi ketika pandemi dan sebelum pandemi. Banyak yang mengeluh mengalami penurunan pemasukan selama corona berlangsung. Bahkan tidak jarang yang harus berhutang sana-sini untuk menutupi kebutuhan yang makin meningkat. Bagi karyawan mungkin tidak ada bedanya, karena mereka juga mengalami dampak dari corona. Tulisan ini akan memberikan tips buat kamu cara mencari pemasukan tambahan selama pandemic agar dapat menutup pengeluaran dan tidak sampai berhutang.

Penghasilan Selama Pandemi

Kesehatan keuangan di masa pandemi dapat kita lihat dari kriteria seperti yang disinggung oleh Lifepal dalam sebuah sesi konsultasi dengan Certified Financial Planner. Dalam sesi konsultasi tersebut hadir banyak sekali para klien yang mengaku kondisi keuangannya selama pandemi cukup stabil.

Kriteria sehatnya keuangan kita sebut sebagai arus kas. Apabila arus kas mengalami defisit berarti seseorang tidak bisa menabung dan sedang menggunakan tabungannya untuk menutupi pengeluaran yang ada. Kondisi ini akan menyebabkan seseorang lama-kelamaan akan kehilangan tabungan. Ini berlaku untuk semua kalangan, baik itu pengusaha maupun individu yang terkena dampak pandemi.

Untuk mengatasi hal ini kita harus bersiap-siap mencari sumber perekonomian tambahan melalui cara mencari pemasukan tambahan selama pandemi. Ini semua harus kita tempuh agar bisnis tetap jalan dan dapur keluarga tetap mengepul.

Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Melansir dari lifestyle.bisnis.com kita mendapatkan kesimpulan ada beberapa langkah yang harus kita ambil untuk mencari tambahan penghasilan selama corona berlangsung. Tips ini wajib dicoba oleh para bisnis owner maupun individu yang berniat untuk menstabilkan arus kas agar tidak defisit. Tips nya antara lain adalah;

  1. Mencari Kerja Sampingan

Bagi pebisnis, cara mencari pemasukan tambahan ini bisa kita lakukan dengan membuka cabang bisnis baru. Target pasar yang mungkin belum tersentuh bisa kita garap melalui pembukaan cabang bisnis baru. Cukup dengan penamaan dan brand yang berbeda kita bisa membuka unit usaha baru untuk menutup pengeluaran di perusahaan utama.

Kalau untuk individu justru lebih banyak cara dalam mencari tambahan pemasukan itu, antara lain dengan nyambi kerjaan yang sifatnya temporal seperti, menjadi driver online, freelance, ataupun membuka pelatihan dan les sesuai bidang keahlian kita. Cara ini mungkin akan mengurangi waktu istirahat kita namun terbukti efektif untuk menjaga kestabilan keuangan keluarga.

  1. Merintis usaha sampingan

Bagi yang menginginkan pekerjaan bersifat fleksibel, cara ini dapat kamu coba. Usaha yang kita rintis sendiri tentu akan dapat menambah penghasilan apabila kita berani menginvestasikan modal untuk merintisnya. Namun kita harus memiliki semacam partner untuk menjalankan bisnis itu sementara kita masih harus fokus terhadap pekerjaan utama.

Usaha sampingan ini bisa menjadi tambahan pemasukan asalkan kita tahu kapan fokus terhadap bisnis dan kapan fokus terhadap pekerjaan utama. Ada banyak usaha sampingan yang bisa dicoba antara lain adalah usaha laundry, sewa laptop, sewa alat gunung, dan lain-lain.

Baca Juga : Tips Mencari Manajer Perusahaan

  1. Membudayakan Saving dalam Bentuk Emas

Masa pandemic adalah masa yang serba tidak pasti. Banyak investasi berjalan tidak sesuai harapan pun dengan segala bentuk bisnis tidak bisa tertebak arahnya. Salah satu cara kita untuk mencari tambahan pemasukan adalah dengan menyimpan emas. Ini merupakan cara paling aman, sebab tidak terlalu beresiko.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa nilai emas bisa naik dan turun. Saat kita menyimpan emas, maka kita akan menyimpan sesuatu yang nilainya pasti. Dan sewaktu-waktu dapat kita jual kembali saat harganya lebih mahal. Tentu akan sedikit sekali laba yang kita dapat namun cara ini lebih baik untuk kita yang takut mengambil resiko dalam soal keuangan.

  1. Trading Saham untuk Investasi

Saat ini yang sedang populer di dunia keuangan adalah trading atau penanaman saham dalam jumlah kecil atau menengah. Siapapun kita saat ini dapat membeli saham di perusahaan besar dengan jumlah uang yang kita miliki. Apabila perhitungan kita tepat, maka uang tersebut akan berlipat ganda untuk kita gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Namun bagi kita yang tidak siap dengan perubahan nilai saham, lebih baik mengundurkan niat tersebut. karena investasi sebenarnya hanya peruntukan bagi mereka yang telah mapan keuangannya. Apabila kebutuhan fisikmu masih perlu tercukupi, maka jangan bermain-main dengan saham. Carilah cara lain untuk mencari pemasukan tambahan selama pandei berlangsung.

Itulah empat cara mencari pemasukan tambahan untuk menutup kebutuhan arus kas selama pandemi ini. Semoga tanpa perlu mencari pemasukan tersebut, kita senantiasa diberi kelancaran dalam bisnis dan karir. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp