Cara Membuat Tempat Kerja yang Nyaman

Cara membuat tempat kerja yang nyaman – Bekerja menjadi rutinitas harian yang menghabiskan sebagian besar waktu. Mulai dari berangkat pagi dan pulang sore, atau orang-orang sering menyebutnya 9 to 5 (nine to five).

Waktu kerja 8 (delapan) jam sehari membuat banyak orang memikirkan hal-hal yang seharusnya membuat mereka nyaman. Sebagai pimpinan atau pemilik perusahaan, Anda sangat perlu membuat tempat kerja yang nyaman.

Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi semua orang. Pernahkah Anda menanyakan kepada karyawan Anda, seberapa nyaman tempat kerja mereka saat ini? Apa saja yang kurang dan membuat mereka tidak nyaman?

Jika Anda mendengar desas-desus yang tidak baik mengenai kenyamanan tempat kerja, lebih baik segera tanyakan kepada karyawan Anda apa yang harus segera diperbaiki.

Berikut ini beberapa cara membuat tempat kerja yang nyaman, yang mungkin bisa Anda terapkan di kantor atau perusahaan Anda. 

Kenyamanan Berkorelasi Positif dengan Kinerja Karyawan

Sebuah jurnal yang berjudul Analisis Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja Karyawan Pada Sp Alumunium di Yogyakarta menemukan bahwa lingkungan kerja yang nyaman sangat mempengaruhi kinerja karyawan.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa perusahaan harus lebih mempedulikan dan memperbaiki keadaan lingkungan kerja. Seperti mengatasi kebisingan dan memperbaiki sirkulasi udara, sehingga akan berdampak pada meningkatnya kinerja perusahaan juga meningkatnya keharmonisan antar karyawan.

Penelitian telah membuktikan adanya korelasi kenyamanan tempat kerja dengan kinerja karyawan. Sebagai pemimpin perusahaan tentunya Anda harus peka, ketika kinerja karyawan Anda mulai menurun mungkin itu menjadi penanda bahwa Anda perlu memperbaiki tempat kerja perusahaan agar karyawan nyaman bekerja.

Menciptakan Lingkungan Kantor yang Nyaman

Setelah Anda memahami korelasi tempat kerja yang nyaman dengan kinerja karyawan. Berikut ini kami rangkum bagaimana menciptakan lingkungan kantor yang nyaman:

Menjaga Kebersihan

Kebersihan itu sebagian dari iman. Bukan hanya sebagian dari iman, kebersihan adalah kesehatan. Ketika lingkungan bersih bukan hanya akan enak dipandang mata, juga menjadi sumber kebahagiaan dan kenyamanan tersendiri.

Agar kantor selalu bersih tentu Anda perlu mempekerjakan petugas kebersihan atau OB (office boy) yang pintar bersih-bersih. Bukan hanya itu, perlu membentuk aturan kebersihan kantor, agar karyawan tidak sembarangan atau berlaku seenaknya. Tentu peraturan ini untuk dipatuhi oleh semua orang yang ada di kantor.

Baca juga: Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit Saat Bekerja

Sirkulasi Udara yang Baik

Udara adalah kebutuhan setiap makhluk hidup. Bahkan bukan hanya sekadar untuk bernapas udara menjadi bagian penting dalam kehidupan. Di tengah arus krisis iklim yang makin tidak terelakkan, tentu membuat udara yang berkualitas menjadi tugas semua orang.

Seperti di kantor, setiap ruangan perlu memiliki sirkulasi udara yang baik. Karena pada umumnya dalam satu ruangan terdapat beberapa orang yang sama-sama bekerja. Bukan hanya sirkulasi saja yang perlu diperhatikan, namun tanaman hijau di luar ruangan juga dibutuhkan. Agar kualitas udara menjadi lebih baik, juga menjadi salah satu upaya menghijaukan bumi kembali.

Jika sirkulasi dan ruang terbuka hijau cukup, Anda tidak perlu menggunakan AC untuk tiap-tiap ruangan di kantor. Ini akan sangat baik untuk keberlangsungan bumi dan juga akan menghemat biaya listrik kantor.

Ruang Hijau yang Cukup

Di atas telah membahas bahwa ruang hijau yang cukup akan sangat bermanfaat. Baik untuk kualitas udara yang lebih baik, ataupun untuk menghemat biaya listrik perusahaan karena tidak perlu lagi menggunakan AC.

Ruang hijau ini juga bisa menjadi salah satu media atau tempat relaksasi sejenak. Karena dekat dan berada di area kantor, ruang terbuka hijau dapat diakses oleh semua karyawan. Bisa juga menjadi salah satu tempat healing sesaat dikala pikiran benar-benar kalut. 

Tentu semua orang akan suka ketika melihat tanaman dan tumbuhan-tumbuhan hijau. Karena dapat menghirup udara segar dan tidak perlu jauh-jauh ke hutan atau pegunungan.

Menyediakan Fasilitas Kantor yang Lengkap

Fasilitas kantor menjadi hal yang harus ada di kantor untuk mempermudah segala kebutuhan dari project atau setiap pekerjaan karyawan. Kelengkapan fasilitas kantor akan memudahkan karyawan dalam bekerja, sehingga tidak perlu melakukan mobilitas yang jauh untuk mempercepat pekerjaan mereka.

Fasilitas kantor bukan hanya hal-hal yang berkaitan dengan ATK atau sejenis mesin fotokopi. Namun juga ada pantry yang menyediakan banyak minuman atau camilan, supaya karyawan makin nyaman dan  semangat untuk bekerja.

Menyediakan tempat untuk beristirahat ketika waktu istirahat juga menjadi salah satu fasilitas kantor yang karyawan perlukan. Tidak usah muluk-muluk, cukup tempat untuk beristirahat. Setelah duduk setengah hari non-stop, tentu perlu tempat untuk sekadar meluruskan punggung.

Adanya Personal Space

Personal space mungkin jarang terdengar perlu disediakan di kantor. Namun beberapa karyawan, yang mungkin introvert, membutuhkan tempat ini. Tempat yang jauh dari kebisingan, karena biasanya ide akan muncul di tempat-tempat yang nyaman seperti ini.

Walaupun namanya personal space, namun tempat ini bisa dipakai bergantian antar karyawan. Siapa saja yang membutuhkan tempat yang lebih privat untuk sementara waktu bisa menggunakan tempat ini.

 

Itu tadi cara membuat tempat kerja yang nyaman. Semoga bermanfaat bagi semua pihak. Jika Anda bukan pimpinan perusahaan, Anda bisa menyarankan cara-cara di atas kepada pimpinan Anda. Semoga berhasil! 

 

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp