Cara Membuat Pembukuan Jualan Online yang Rapi dan Prosedural

Cara membuat pembukuan jualan online – Dengan berkembangnya bisnis online shop saat ini yang mudah dilakukan sebagai bisnis utama kita dalam mencari penghasilan atau pun bisnis sampingan. Dalam bisnis online pun tidak memerlukan banyak modal karena ini bisa kita lakukan dengan minim. Saat melaksanakan bisnis online jangan lupa membuat pembukuan jualan onlinenya agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini akan memberitahukan mengenai cara membuat pembukuan jualan online tetapi sebelum itu apa sih pentingnya pembukuan keuangan?   

Pentingnya pembukuan keuangan

Pembukuan menjadi hal penting bagi pengusaha pemula ataupun profesional. Ini karena sebagai manusia, kita memiliki ingatan yang sangat terbatas.
Anabolic steroids linked to higher rates of premature death in men steroid sachets price collusion in pharma
Beberapa manfaat penting dari pembukuan adalah sebagai berikut:

  • Melindungi uang bisnis yang kamu kelola, karena ada catatan terperinci mengenai saldo uang bisnis dan segala transaksinya.
  • Mengontrol ke mana uang keluar.
  • Mengetahui dan menganalisa sumber penghasilan.
  • Menjadi dasar pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Mengetahui pertumbuhan ekonomi perusahaan dari bulan ke bulan

Beberapa alasan mengapa olshop membutuhkan pembukuan adalah:

  • Kegiatan olshop rawan terhadap penipuan. Dengan melakukan pembukuan, maka berbagai transaksi lebih mudah untuk diawasi.
  • Membantu kamu untuk dapat memantau perkembangan bisnis serta kondisi keuangan yang kita miliki.
  • Pembukuan olshop penting untuk melakukan perputaran roda bisnis.
  • Bisnis olshop yang gagal kerap karena kurangnya pengelolaan terhadap keuangan.

Macam-macam cara membuat pembukuan

  1. Pencatatan pembukuan keuangan secara manual

Dalam pencatatan ini berarti kamu menyusun laporan keuangan secara manual yang mana masih menggunakan buku dan tulisan tangan. Pencatatan ini sudah tidak efektif karena begitu banyak yang harus kita catat dan memungkinkan untuk adanya kesalahan akibat ketidaktelitian manusia dan juga pembukuan ini bisa saja tidak rapi pencatatannya.

  1. Menggunakan Microsoft Excel

Jika ingin pencatatan keuangan kamu rapi, maka kamu bisa menggunakan software Microsoft excel. Sebenarnya pengerjaannya tidak terlalu berbeda dengan pembukuan manual. Tetapi dengan menggunakan Excel kesalahan akibat kurang teliti dalam menghitung dapat dikurangi. Hal ini dikarenakan ada fungsi rumus yang bisa diisi dan otomatis menghitungkan hasil yang kamu inginkan.

  1. Menggunakan software komputerisasi akuntansi

Menggunakan software sistem komputer akuntansi dapat sangat membantu kamu, karena pada sistem komputer akuntansi, kamu hanya memasukkan data awal, selanjutnya seluruh laporan bisa cetak kapanpun kita butuhkan. Dengan software ini juga tidak akan memiliki kesalahan yang tinggi dibandingkan dengan cara lainnya tetapi memiliki kekurangan yaitu data bisa saja tidak terbaca dan rentan untuk dimanipulasi.

Pembukuan sederhana untuk bisnis online

Jika bisnis online shop kamu masih masuk dalam usaha rumahan, maka pembukuan bisnis kamu masih dapat menggunakan microsoft excel. Atas dasar itulah contoh pembukuan yang akan kita bahas kali ini menggunakan contoh dari microsoft excel. Bagi yang baru saja berkecimpung di dunia online shop, tentunya masih bingung apa saja yang perlu dicatat dalam pembukuan keuangan sederhana. Berikut hal-hal yang harus ada di pembukuan sederhana untuk bisnis online

  1. Buku Pemesanan

Buku pemesanan berfungsi mencatat semua pemesanan atau order yang masuk serta jumlah totalnya. Setiap pesanan yang masuk perlu diberi keterangan apakah sudah lunas atau kah belum. Supaya kamu lebih mudah merekap bulanan, buat lah beberapa kolom yang meliputi nomor, pelanggan, nomor order, tanggal, jumlah, tanggal bayar, nominal, serta resi pengiriman. Totalkan setiap pemesanan setiap bulan supaya Anda bisa mengetahui besarnya omzet yang Anda terima dalam satu bulan.

  1. Buku Pengeluaran

Fungsi dari buku pengeluaran adalah untuk mencatat segala macam pengeluaran yang terjadi dalam satu bulan. Mulai dari gaji karyawan, pembelian barang, listrik, serta kebutuhan yang lain. Agar lebih mudah melakukan rekap bulanan, sebaiknya buat beberapa kolom yang berisi nomor, nama transaksi, tanggal, keterangan, serta jumlahnya.

  1. Buku Stok

Fungsi dari buku stok adalah untuk mencatat semua stok barang. Seperti stok yang masih tersisa, jumlah bahan baku yang masih tersedia, dan masih banyak lagi. Apabila jumlah pada buku stok memiliki perbedaan dengan jumlah sesungguhnya, silahkan cek apakah terdapat kesalahan pada pencatatan atau bisa juga telah terjadi kehilangan. Sebab, selisih stok akan memengaruhi keuntungan yang diperoleh.

  1. Laporan Laba Rugi Bulanan

Pastikan juga kamu membuat laporan laba rugi setiap bulannya. Dengan laporan ini, kamu pun akan mengetahui apakah olshop yang dijalankan memberikan keuntungan atau tidak. Kamu  juga harus menggaji diri sendiri dan tidak memakai uang yang masuk sebagai keuntungan.

Itulah beberapa cara membuat pembukuan jualan online agar keuanganmu tidak tercerai berai dan tidak beraturan. Untuk  manajer dalam mengatur keuangan, kami Sekolah Manajer Digital Marketing selalu menghadirkan tips buat kamu mengatur perusahaan. Simak selalu informasi dari kami. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp