Alternatif Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga

Alternatif Usaha untuk Ibu Rumah Tangga –Sebagai seorang ibu rumah tangga kadang serba repot. Niat hati ingin menuruti suami untuk di rumah saja, mengurus anak dan mengatur keperluan rumah tangga. Tetapi di sisi lain juga memerlukan pemasukan lain di sela-sela mengurusi rumah. Siapa ibu rumah tangga yang tidak ingin bisa membiayai arisan sendiri? Siapa ibu rumah tangga yang tidak ingin membeli skincare dan perawatan tubuh sendiri? Pastinya semua kepingin. Untuk itu sebenarnya tidak salah juga apabila ibu rumah tangga mempunyai bisnis pribadi di sela-sela kesibukan mengurus anak. Asalkan bisnis tersebut tidak menganggu kewajiban sebagai seorang istri di rumah. Dalam tulisan kali ini kami akan memberikan alternatif usaha untuk ibu rumah tangga yang bisa kita terapkan di sela kegiatan harian di rumah. Kira-kira apa sajakah usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga yaa?

Usaha untuk ibu rumah tangga ada banyak sekali yang bisa mereka kerjakan. Usaha-usaha yang sifatnya mikro hingga menengah dapat ibu rumah tangga jalankan dari singgasananya. Jenis usaha mikro dan menengah tidak memerlukan banyak manajemen yang ribet segenap perizinan-perizinannya. Ibu rumah tangga dapat menjadi seorang owner sekaligus terhadap bisnis yang sedang mereka jalankan. Kapasitas karyawan tentunya menyesuaikan skala produknya, serta jenis produknya. Kami akan mengulas beberapa alternatif usaha untuk ibu rumah tangga yang cocok kita aplikasikan di rumah.

Pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang di antaranya adalah,

1. Usaha Jualan Roti Kering

Pada masa pandemi seperti sekarang, usaha di bidang camilan sangatlah disarankan. Banyak orang yang sekarang mengisi waktunya dengan ngemil di depan televisi misalnya. Usaha jualan roti kering ini juga tidak merepotkan kita karena dapat bertahan dalam waktu yang lama. Di samping itu pemasaran kue kering secara online lebih mudah, sebab bisa kita pasarkan di skala yang lebih luas daripada jualan kue basah yang hanya mempunyai pangsa pasar lokal. Usaha jualan roti kering sangat menguntungkan karena kita tidak harus membuat sendiri kue itu, melainkan kita bisa menjadi perantara bagi produsen dengan customer. Tentunya ini usaha yang cocok untuk ibu rumah tangga, karena memerlukan keterampilan untuk pembuatan juga.

Usaha sampingan ibu rumah tangga tanpa modal salah satunya adalah penyediaan kamar kosan

2. Usaha Penyediaan Tempat Kos

Bagi keluarga yang memiliki tempat longgar di rumahnya, tentu ini adalah bisnis yang menjanjikan. Bisnis kos-kosan akan sangat menjanjikan bagi kita yang berada di lingkungan sekolah, perkuliahan, ataupun perkantoran. Kebutuhan akan kos-kosan yang tinggi dapat kita penuhi dengan kamar-kamar yang ada di rumah kita. Tentunya bisnis penyediaan tempat kos ini sangat memerlukan tangan-tangan terampil ibu rumah tangga dalam urusan perawatan dan pemeliharaannya. Oleh karena itu bagi ibu rumah tangga yang memiliki rumah yang cukup longgar dapat segera membuka penyediaan kos. Jaman sekarang juga sudah banyak aplikasi-aplikasi persewaan kos yang menjamur lho.

3. Jualan Tanaman Hias

Sepertinya usaha tanaman hias juga sedang digandrungi oleh banyak orang saat ini. Di sela-sela masa karantina mandiri, banyak orang melakukan kegiatan bercocok tanam tanaman hias untuk mengisi waktu. Bagi ibu rumah tangga yang mempunyai kebun tanaman hias sendiri dapat memulai usaha jualan tanaman hias lho. Usaha ini sangat tergantung bagaimana kita merawat tanaman hias yang masih kecil. Bagi ibu rumah tangga dapat memasarkan tanaman hias melalui berbagai media, seperti instagram, tiktok, facebook, ataupun website. Namun usaha jual beli tanaman hias mungkin tidak bisa skala pasar yang luas ya. Namun dengan skala pasar yang ada kita dapat memaksimalkan itu sehingga toko kita menjadi jujukan mereka yang ingin menanam tanaman hias.

Tanaman Hias dapat menjadi bisnis ibu rumah tangga di masa pandemi, karena saat ini banyak orang sedang gandrung pada tanaman hias.

4. Membuka Jasa Cathering

Bisnis yang menjanjikan bagi ibu rumah tangga di masa pandemi selanjutnya adalah cathering, atau usaha kuliner. Usaha ini cukup menjanjikan di masa pandemi karena banyak orang yang sedang tersibukkan oleh kerja dari rumah atau yang sering kita sebut sebagai Work from Home (WFH). Melalui jasa cathering ini kita dapat memudahkan kerja mereka selain itu jasa cathering juga cukup mudah untuk kita pasarkan sebab sudah pasti banyak orang yang mencari. Kita dapat memasarkan jasa cathering ini misalnya di grup arisan ataupun di whatsapp keluarga, whatsapp RT, RW, PKK, dan lain-lain.

Itulah empat alternatif usaha untuk ibu rumah tangga yang sedang ngehits di masa pandemi. Bagi ibu rumah tangga ide bisnis apapun sebaiknya lekas segera eksekusi karena tidak ada bisnis yang besar tanpa sebuah langkah awal. Untuk permulaan mungkin bisa para ibu rumah tangga belajar pemasaran secara sederhana terlebih dahulu. Baru nanti bisa menyewa tenaga yang lebih profesional untuk memasarkan produknya. Tidak ada kata terlambat untuk berbisnis. Salam entrepreneur.

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp