5 Strategi Promosi Bisnis yang Efektif

Strategi promosi – Promosi adalah cara untuk membuat bisnis Anda dikenali di pasaran. Selanjutnya ketika bisnis Anda telah dikenali, akan ada ketertarikan calon pelanggan untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Promosi seringkali mengambil lebih banyak budget daripada bidang lainnya.

Brand atau merek yang ada dipasarkan begitu banyak, maka dari itu perlu ada strategi khusus untuk menyaingi kompetitor sejenis. Apalagi jika bisnis Anda menjadi bisnis baru, strategi promosi bisnis yang efektif sangat perlu dilakukan.

Untuk itu kami merangkum lima strategi promosi bisnis yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

Tahapan Melakukan Promosi Bisnis

1.  Kenali Target Pasar

Mengenali target pasar menjadi hal paling dasar yang harus seorang pengusaha perhatikan. Tidak semua orang akan menjadi target pasar dari setiap produk. Maka dari itu penting untuk menentukan target pasar sebelum produk itu ditawarkan.

Karena pasti Anda tidak mau kan jika produk yang telah diproduksi tidak laku di pasaran, selain perusahaan akan mengalami kerugian produk juga tidak memiliki tempat untuk penyimpanan.

Penentuan target pasar akan mempermudah Anda menganalisa kira-kira produk jenis apa yang sedang dibutuhkan oleh target Anda. Dari itu Anda bisa menganalisis produk apa yang akan Anda produksi untuk memenuhi keinginan target pasar Anda.

2. Tentukan Misi yang Ingin Dicapai

Strategi promosi yang selanjutnya adalah menentukan misi yang ingin dicapai setelah kamu melakukan promosi bisnis.

Sebelum Anda melakukan promosi bisnis, Anda perlu mengetahui apa tujuan dari promosi bisnis yang sedang Anda lakukan. Dengan begitu Anda akan dapat mengarahkan langkah-langkah apa saja yang perlu Anda tempuh untuk mencapai tujuan yang telah ada.

Promosi bisnis bertujuan untuk menciptakan kesan baik di kalangan konsumen, menetapkan kualitas produk usaha, menciptakan produk yang mampu bersaing, dan juga meningkatkan daya beli konsumen terhadap produk.

Langkah ini berhubungan dengan pengaplikasian pemasaran maka perlu penentuan tujuan atau misi yang akan tercapai setelah adanya promosi bisnis.

Baca juga: Keuntumngan Melakukan Kemitraan untuk Mengembangkan Bisnis

3. Membuat Peta Konsep Strategi Promosi

Langkah selanjutnya adalah membuat peta konsep strategi promosi agar langkah-langkah yang diambil akan sesuai dengan tujuan dan tidak keluar jalur. Peta konsep ini nantinya akan berisi garis besar promosi produk yang akan memudahkan semua pihak memahami alur pemasaran yang telah dibuat.

Rancangan peta konsep ini akan membantu Anda membuat banyak langkah untuk mencapai tujuan, selain itu ketika langkah-langkah tersebut ada yang tidak berhasil Anda bisa membuat langkah baru agar tujuan yang telah ditentukan dapat tercapai.

Peta konsep ini juga berfungsi sebagai panduan bagi semua orang marketing dalam melakukan langkah-langkah pemasaran. Perlu ketelitian dan kejelian dalam membuat peta konsep ini, agar tujuan yang ditargetkan akan tercapai bahkan melebihi harapan.

4. Manfaatkan Media Sosial, Marketplace, dan Website

Di zaman yang serba digital ini, sebagai pengusaha Anda perlu beradaptasi dengan zaman. Seperti melakukan transformasi marketing, dari marketing yang konvensional ke digital marketing.

Memang perlu perhatian khusus ketika Anda memutuskan untuk menggunakan digital marketing sebagai salah satu strategi pemasaran Anda. Sebagai awalan, mungkin Anda bisa menggunakan marketplace yang sudah ada untuk memasarkan produk. Penggunaan marketplace cenderung lebih mudah karena ada arahan yang jelas dari tiap-tiap marketplace. Selanjutnya Anda bisa merambah ke media sosial dan website untuk optimalisasi digital marketing.

5. Bekerja Sama dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer atau public figure menjadi strategi bisnis yang populer akhir-akhir ini. Selain bisa mendongkrak penjualan dengan cukup signifikan, influencer juga memiliki followers yang bisa ditargetkan menjadi calon pelanggan.

Bekerja sama dengan lebih dari satu influencer juga akan menguntungkan bisnis Anda. apalagi jika influencer yang Anda pilih juga ikut memikirkan strategi agar produk kerjasamanya banyak terjual. Tentu akan menguntungkan kedua belah pihak.

Itu dia lima strategi promosi bisnis yang efektif. Mungkin itu baru gambaran besar, Anda bisa menambahkan strategi-strategi yang lain untuk menunjang kesuksesan produk Anda. Mulai dari memberi potongan harga, mengadakan giveaway, cashback, hingga memberikan garansi produk. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat ya.

1 komentar

Tinggalkan Komentar

Buka WhtasApp
Hallo.
Ada yang bisa kami bantu?
Klik disini untuk chat Via WhatsApp